Wahyuni, Ismi (2023) Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an Siswa Kelas III di MI An-Najah Sesela Gunungsari Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
ISMI WAHYUNI 190106057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap permasalahan yang ada terkait kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas III, oleh sebab itu peneliti ingin melihat strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas TTT MI An-Najah Sesela, untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas TTT MT An- Najah Sesela, dan untuk mendeskripsikan kendala-kendala guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas TTT MT An- Najah Sesela Gunungsari. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana dalam penelitian ini menggunakan tiga metode. Metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data dalam penelitian ini diperiksa keabsahan datanya dengan menggunakan teknik perpanjangan waktu penelitian, ketekunan pengamatan, trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas TTT MT An- Najah Sesela Gunungsari yang berisikan tentang strategi pembelajaran dengan pengelompokkan, strategi pembiasaan, dan strategi pembelajaran latihan hafalan Al-Qur'an dan belajar Iqra,. Strategi-strategi ini dapat dijadikan sebagai solusi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur'an dan dijadikan sebagai panduan dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi, Guru, Membaca, Al-Qur'an."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:32
Last Modified: 16 Aug 2023 04:32
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4650

Actions (login required)

View Item View Item