Agustini Widiyawati, Baiq (2023) Peningkatan hasil belajar siswa pada muatan matematika melalui model problem based learning di Kelas II MI Maunaturrahman NW Mekar Kute Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Baiq Agustini Widiyawati 190106245.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada muatan matematika. Hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa masih di bawah KKM dengan standar KKM > 65. Hal tersebut menunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa menyerap materi pelajaran masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model problem based learning (PBL) pada muatan matematika kelas II di MI Maunaturrahman NW Mekar Kute tahun pelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun penelitian ini terdiri dari II siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan persiklus terdiri dari 4 tahapan yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini untuk mengumpulkan data yaitu menggunakan observasi untuk mengukur aktivitas guru dan siswa, tes untuk mengukur hasil belajar siswa, dan dokumentasi untuk foto proses belajar mengajar serta gambaran umum madrasah terkait dengan sarana prasarana dan struktur organisasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa penerapan model problem based learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI Maunaturrahman NW Mekar Kute tahun pelajaran 2022/2023. Hal tersebut dilihat dari nilai tes rata-rata siswa pada siklus I yaitu 70,95 dengan ketuntasan klasikal 61,9%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 28,5% dari siklus I, dengan skor rata-rata nilai siswa yaitu 77,14 dengan ketuntasan klasikal 90,4% termasuk ke dalam kriteria sangak baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Mata Pelajaran Matematika"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130301 Indonesian Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:52
Last Modified: 16 Aug 2023 03:52
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4647

Actions (login required)

View Item View Item