Ukhti Hanifah, Aluh (2023) Penerapan model project based learning (pjbl) pada mata pelajaran matematika dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V MI Uswatun Hasanah Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Aluh Ukhti Hanifah_190106229.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Proses pembelajaran yang berlangsung di kelas V MI Uswatun Hasanah siswanya belum mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini terjadi karena tidak adanya pembiasaan model pembelajaran maupun latihan soal yang dapat mendorong siswa untuk berpikir kreatif. Dengan menggunakan model pembelajaran PjBL mengarahkan siswa pada permasalahan secara langsung kemudian saat proses penyelesaian proyek melibatkan kerja kelompok yang secara tidak langsung menjadikan siswa dapat memunculkan ide-ide kreatif dan dilatih untuk bertindak maupun berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui model project based learning (PjBL) pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Uswatun Hasanah tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yang berkesinambungan, yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi/evaluasi 4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Sasaran tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 29 orang di MI Uswatun Hasanah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model project based learing mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V di MI Uswatun Hasanah tahun pelajaran 2022/2023. Hal tersebut dilihat dari nilai ketuntasan klasikal pada siklus I mendapatkan 68,96%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal 96,55%. Peningkatan terjadi dikarenakan model PjBL telah dilakukan berdasarkan dengan sintak-sintaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: berpikir Kreatif; Model Project Based Learning; Mata Pelajaran Matematika"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:06
Last Modified: 16 Aug 2023 03:06
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4644

Actions (login required)

View Item View Item