Aisyah, Aisyah (2023) Implementasi metode demonstrasi berbantuan media gambar dalam meningkatkan minat membaca permulaan siswa di kelas II MI NW Taman Pagesangan Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Aisyah 180106095.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhaatian penulis terhadap minat membaca siswa di kelas II MI NW Taman Pagesangan, masih adanya siswa yang terlihat minat membacanya kurang. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana implementasi metode demonstrasi berbantuan media gambar dalam meningkatkan minat membaca permulaan siswa di kelas II MI NW Taman Pagesangan tahun pelajara2022/2023? (2) Apa saja kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasika menggunakan metode demonstrasi berbantu media gambar untuk meningkatkan minat membaca permulaan siswa di kelas II MI NW Taman Pagesangan tahun pelajaran 2022/2023? (3) Bagaimanakah solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala dalam mengimplementasikan metode demonstrasi berbantu media gambar untuk meningkatkan minat membaca permulaan siswa di kelas II MI NW Taman Pagesangan tahun pelajaran 2022/2023? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru kelas II dan peserta didik kelas II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Kebsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) implementasi metode demonstrasi berbantuan media gambar dalam meningkatkan minat membaca permulaan siswa di kelas II oleh guru telah terlaksana. Adapun langkah-langkah implementasi metode demonstrasi berbantuan media gambar dalam meningkatkan minat membaca permulaan siswa di kelas II adalah sebagai berikut: pertama, guru mempersiapkan konsep dan memetakan materi yang digunakan dalam proses belajar membaca, kedua guru merancang pembelajaran dengan mempersiapkan RPP dan buku bahasa indonesia, ketiga guru melaksanakan pembelajaran yaitu dengan melakukan pendemonstrasian, (2) Kendala guru menggunakan metode demonstrasi berbantu media gambar dalam peningkatan minan membaca permulaan yaitu masih adanya siswa yang belum lancar membaca serta kurangnya sarana dan prasaran dalam pendemonstrasian. (3) solusi yang dilakukan oleh guru yaitu memberikan bimbingan kepada siswa yang belum lancar membaca dilakukan setelah pulang sekolah serta sekolah menyediakan fasilitas untuk guru berupa printer, kertas, jaringan internat (wifi) dan alat-alat atau media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode demonstrasi; media gambar; minat; membaca permulaan"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:49
Last Modified: 16 Aug 2023 02:49
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4643

Actions (login required)

View Item View Item