Fadhilah, Fadhilah (2023) Pengaruh penerapan model discovery learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas X pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Putri Islahuddiny Kediri Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
FADHILAH (190101162).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas x di Ma Putri Al-Islahuddiny kediri tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Desain penelitian yang digunakan ialah Posttest Only Control Group Desain. penelitian dengan membanding 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan posttest untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Ma Putri Al-islahuddiny kediri. Sampel dalam penelitian ini ialah kelas eksperimen dan kelas kontrol berjumlah masing-masing 25 siswa dalam satu kelas. Tekhnik dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah mengumpulkan data tes kemampuan berpikir kritis dengan butir soal uraian dan data yang dikumpul merupakan jenis data yang bersifat kuantitatif. Pengujian hipotesis yang digunakan ialah uji t sampel independent dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Berdasarkan hasil dari uji hipotesis untuk kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05. Yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada mata pelajaran fiqih di Ma putri Al- islahuddiny kediri tahun 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; Discovery Learning; Kemampuan; berpikir kritis"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:45
Last Modified: 15 Aug 2023 02:45
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4634

Actions (login required)

View Item View Item