Albauni, Albauni (2020) Peran guru PAI dalam membina akhlak siswa kelas VIII di SMPN 5 Mataram Kecamatan Sandubaya Kota Mataram Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
ALBAUNI.160101052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Guru merupakan karakter utama yang membentuk jati diri seorang anak di dunia pendidikan. Selain memiliki peran dalam memberikan ilmu pengetahuan, ia merupakan figur utama dalam hal sikap bagi siswanya, baik dalam lingkungan sekolah maupun diluar sekolah. Salah satu komponen terpenting keberhasilan tercapainya tujuan pendidikan nasional adalah keberadaan seorang guru. Adapun peran guru dalam membina akhlak siswa kelas VIII di SMPN 5 Mataram yaitu memberikan motivasi belajar kepada siswanya sebelum proses pembelajaran dimulai, membina siswa dalam kegiatan Imtaq pada setiap hari jum'at pagi dan shalat zuhur berjamaah, memberikan bimbingan secara khusus (Kolaborasi antara guru PAI dengan BK dan kepala sekolah SMPN 5 Mataram), melakukan kerjasama antara guru dengan orangtua siswa/wali serta melakukan kerjasama antar sesama guru." "Adapun dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis metode penelitian kualitatif deskriftif yang sifatnya narasi dengan mengambil latar belakang SMPN 5 Mataram, kecamatan Sandubaya kota Mataram. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan beberapa tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Setelah data tersebut dipaparkan, kemudian data tersebut akan di cek keabsahannya (valid) dengan beberapa teknik, yaitu perpanjangan keikutsertaan, meningkatkantkan ketekunan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian yang didapatkan tentang Peran Guru PAI dalam Membina Akhlak Siswa kelas VIII di SMPN 5 Mataram yaitu : 1) Peran Guru dalam Membina Akhlak Siswa Kelas VIII di SMPN 5 Mataram, 2) Hambatan-hambatan yang dihadapi berupa, kurangnya dukungan dari orangtua, perbedaan latar belakang siswa, pengaruh IPTEK, 3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan- hambatan berupa, memberikan nasihat kepada siswa, meningkatkan hubungan atau komunikasi dengan orangtua siswa, memandang positif siswa, meningkatkan kerjasama dengan sesama guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: peran Guru PAI; Membina Akhlak Siswa"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:31
Last Modified: 15 Aug 2023 02:31
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4633

Actions (login required)

View Item View Item