Paharniah, Paharniah (2019) Studi komparatif prestasi belajar berdasarkan gaya belajar dan jenis kelamin pada pembelajaran matematika kelas VII di Mts Babusalam Rungkang Tahun2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
PAHARNIAH 151134067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ""Untuk mengetahui kualitas dan perbedaan prestasi belajar matematika siswa di MTs Babusalam rungkang tahun pelajaran 2018/2019"""". Prestasi belajar mata pelajaran matematika selalu sulit diraih dengan hasil yang memuaskan. Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar matematika bermacam-macam. Hasil peneliti yang lain menunjukan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi belajar siswa salah satunya faktor pendekatan belajar.yakni segala cara atau strategi yang digunakan siswa dalam menunjang efektifitas dan efisien proses pembelajaran materi tertentu. Dalam hal ini termasuk gaya belajar merupakan cara yang unik dan sangat individual yang digunakan siswa untuk belajar." "Peneliti ini bertujuan (1) mengetahui gaya belajar (2) untuk mengetahui prestasi belajar matematika,(3) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan prestasi belajar matematika yang dimiliki siswa-siswi berdasarkan dengan gaya belajar pada siswa-siswi kelas VII MTS BABUSSALAM RUNGKANG. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menganalisis perbandingan yang terjadi antara variabel. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena data-data yang dikumpulkan banyak berupa angka dan sesuai dengan masalah yang akan diteliti. Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif yang merupakan penelitian bukan eksperimen. Hasil analisis deskriptif menunjukan siswa paling banyak memiliki gaya belajar kinestik. Prestasi belajar yang ditunjukan tergolong rendah pada semua gaya belajar. Rata-rata prestasi belajar yang paling tinggi diantara ketiga gaya belajar yang ditunjukan siswa dengan gaya belajar auditori.penelitian ini dengan menggunakan perhitungan uji beda kruskal-wallis diperoleh signifikasi sebesar 0,758. Hasil uji hipotesis penelitian ini menunjukan tidak ada perbedaan prestasi belajar antara siswa dengan gaya belajar visual, auditori dan kinestik. Hal ini mengindifikasikan bahwa gaya belajar yang dimiliki setiap siswa-siswi dapat mempengaruhi prestasi belajar bila didukung dengan faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) bagi peserta didik tetap memperhatikan gaya belajar yang dimiliki untuk memaksimalkan proses penerimaan pelajaran di sekolah, (2) bagi pendidik (guru) memilih metode dan strategi belajar yang dapat memenuhi semua kebutuhan belajar siswa-siswi dengan gaya belajar yang dimiliki masing-masing siswa-siswi, (3) bagi ora g tua,hendaknya memberikan dukungan penuh dengan menyediakan peralatan-" "peralatan dan tempat yang sesuai dengan gaya belajar anak dan mengkonsultasikan dengan guru di sekolah, (4) bagi peneliti selanjutnya lebih mengembangkan penelitian mengenai perbedaan prestasi belajar matematika dengan menambahkan ditinjau dari yang lain, misalkan dengan motivasi atau strategi belajar. Kata kunci : prestasi belajar matematika, gaya belajar."

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 14 Aug 2023 08:01
Last Modified: 14 Aug 2023 08:01
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4629

Actions (login required)

View Item View Item