Rismawati, Ika (2020) Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis cooperating terhadap motivasi belajar siswa kelas xi pada mata pelajaran IPS Ekonomi di MA Palapa Nusantara NW Selebung Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ika Rismawati 160105138.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Kontekstual CTL (Contecxtual Teaching and Learnhing) merupakan konsep belajar yang membantu guru yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat yang berkaitan erat dengan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimen pre-experimental, yaitu penelitian untuk mengetahui kelas yang diberi perlakuan dan yang tidak diberi perlakuan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 55 siswa yang dimana 55 siswa ini terbagi menjadi dua kelas, yaitu XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2, yang dimana kelas XI IPS 1 berjumlah 30 siswa dan kelas XI IPS 2 berjumlah 25 siswa. yang dimana kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen (diberi perlakuan) dan kelas XI IPS 2 menjadi kelas (tidak diberi perlakuan). Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis permodelan berpengaruh terhadap motivasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan menggunakan program SPSS versi 16. Berdasarkan hasil uji T parsial diatas ketahui bahwa nilai T hitung lebih besar 7,441 dan T tabel 3,19 T hitung lebih besar dari T tabel (7,441>3,19) dan nilai sig sebesar 0,00 dimana nilai ini lebih kecil dari 0,05, maka oleh sebab itu hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh antara model pembelajran kontekstual berbasis permodelan terhadap motivasi belajar dinyatakan diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; kontekstual; berbasis cooperating; motivasi belajar.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 14 Aug 2023 03:34
Last Modified: 14 Aug 2023 03:34
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4617

Actions (login required)

View Item View Item