Ahmad, Fitriani (2023) Model Two Stay Two Stray untuk meningkatan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa di Kelas VIII MTs Mambaul Abror Turida Mataram Tahun 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Fitriani Ahmad 190104084 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Kurangnya partisipasi siswa dalam mengajukan pertanyaan saat proses pembelajaran memberikan dampak terhadap hasil belajar IPA yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak model Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar IPA kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Jumlah populasi da sampel dalam penelitian ini adalah 20 orang. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes berupa lembar observasi dan data hasil belajar IPA dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. hasil nilai rata-rata Keterampilan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Siswa pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada kondisi siklus I Rata-rata keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa yaitu 75 dan meningkat pada siklus II sebesar 80 dengan nilai rata-rata peningkatan yaitu 14,9 setelah dilakukan tindakan pada tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Maka, model pembelajaran TS-TS berpengaruh positif terhadap keterampilan kolaborasi hasil belajar IPA siswa. Implikasi penelitian ini, diharapkan dapat membantu guru dalam mengelola kelas agar lebih efektif dan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: TSTS; keterampilan kolaborasi; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 09 Aug 2023 06:17
Last Modified: 09 Aug 2023 06:17
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4608

Actions (login required)

View Item View Item