Jamaluddin, Jamaluddin (2023) Nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI di SMK Cendekia NW Aiklomak dan implikasinya terhadap sikap toleransi siswa. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Jamaludin 210401039_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan agama Islam adalah suatu upaya atau usaha guru dalam memberikan pendidikan kepada siswa sesuai dengan ajaran agama Islam agar siswa mampu menjadikan ajaran agama Islam sebagai pedoman dan pandangan hidupnya. Penanaman nilai-nilai multikultural merupakan suatu proses dalam memberikan pengetahuan dan kesadaran kepada siswa untuk bisa hidup dalam keberagaman, serta dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk bersikap dan bertingkah laku agar dapat hidup saling menghormati, toleran, damai, dan tolong menolong antara yang satu dengan yang lainnya. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana bentuk nilai-nilai multikultural yang diterapkan dalam pembelajaran PAI di SMK Cendekia NW Aiklomak? (2) Bagaimana implikasi nilai-nilai multikultural di SMK Cendekia NW Aiklomak terhadap sikap toleransi siswa? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dapat dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara memilah-milah data, mengklarifikasikan data dan menginterprestasikan yang ditemukan dilapangan sehingga dengan mudah dapat menarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa bentuk-bentuk nilai multikultural yang dapat diterapkan di SMK Cendekia NW Aiklomak antara lain: Nilai toleransi, nilai kesetaraan atau kesamaan, nilai persatuan dan nilai keadilan. Adapun implikasi dari nilai-nilai multikultural terhadap sikap toleransi siswa dapat dilakukan melalui beberapa kegiatan-kegiatan antara lain: kegiatan formal, kegiatan pembiasaan dan kegiatan pengembangan diri. Sedangkan hambatan dan tantangan dalam penanaman nilai-nilai multikultural yang dihadapi sekolah antara lain: minimnya sarana prasarana penunjang PBM, tidak adanya ruang laboraturium, dan minimnya guru yang berkompeten dalam memberikan pengajaran serta kurangnya wawasan dalam proses pengajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: nilai multikultural; sikap; toleransi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 09 Aug 2023 01:54
Last Modified: 09 Aug 2023 01:54
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4600

Actions (login required)

View Item View Item