Haulid, Haulid (2023) Analisis nilai-nilai moderasi beragama dalam buku mata pelajaran pendidikan agama islam di tingkat sekolah menengah pertama negeri: studi di Kabupaten Lombok Utara. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Haulid 210401038_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Buku teks dapat membantu siswa memahami kurikulum. Penanaman nilai-nilai dalam proses pendidikan merupakan langkah krusial yang harus ditempuh agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Ada beberapa faktor yang berperan di Indonesia yang dapat menyebabkan konflik, dan faktor-faktor ini sering diabaikan, menempatkan sekolah dan lembaga pendidikan tinggi lainnya dalam risiko. Rentan kadang-kadang terjadi antara karyawan dengan keyakinan dan masalah yang sama, tetapi hal ini tidak mengurangi kepribadian rata-rata karyawan di tempat kerja. Nilai-nilai moderasi beragama merupakan salah satu nuansa yang harus dikomunikasikan melalui proses pendidikan dan dieksplisitkan dalam teks sebuah buku. Moderasi sangat penting untuk dimasukkan ke dalam kehidupan sehari-hari untuk menegakkan martabat manusia, perdamaian, dan keberlanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Kepustakaan (Library Research). Pengumpulan data dilakukan dengan telaah dokumen yaitu pada buku teks mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VII SMP, kelas VIII SMP dan kelas IX SMP terbitan Kemendikbud Tahun 2017. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain; Buku Moderasi Beragama dari Kementrian Keagamaan RI, Jakarta Pusat: Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI tahun 2019., Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam diterbitkan oleh Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI., Tafsir Al-Misbah karangan Prof. Dr. H. Muhammad Quraish Shihab, Lc., M.A.Tafsir Al-Azhar karangan Prof. H. Abdul Malik Karim Amrullah. Teknik analisis data menggunakan analisis isi dan analisis wacana. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara teknik triangulasi sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Secara implisit ataupun eksplisit sebagian besar mengandung nilai-nilai moderasi beragama. Di dalam buku teks mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti tingkat SMP cukup mengandung muatan nilai-nilai moderasi beragama yang terdapat sebanyak 20 teks. Adapun nilai-nilai moderasinya yaitu a) Egaliter; b) Keadilan; c) Toleransi; d) Demokrasi; e) Anti Kekerasan; f) Musyawarah; g) Akomodatif Terhadap Kebudayaan Lokal; h) Menghindari Berlebih-lebihan; i) Moderasi dalam eribadah; j) Pengetahuan atau Pemahaman yang Benar. Internalisasi nilainilai moderasi beragama dalam buku teks siswa terdapat dalam surat AlBaqarah ayat 42, Surat Al-Maidah ayat 8, Surat Al-Hujarat ayat 13, dan AliImran ayat 159.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: moderasi beragama; pendidikan agama; budi pekerti
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:25
Last Modified: 08 Aug 2023 04:25
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4599

Actions (login required)

View Item View Item