Honits, Dawamatol (2022) Pola asuh dan nilai-nilai spiritual anak usia dini ditinjau dari tingkat pendidikan orang tua. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Dawamatol Honits 210401021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pola asuh dan nilai-nilai spiritual anak usia dini, bertujuan mengetahui bagaimana cara orang tua menjalankan peran dan tanggung jawab sebagai orang tua. Kata lainnya, bagaimana orang tua merawat anak agar tumbuh dan berkembang. Jika dalam model pola asuh menggunakan pola berbeda, semua itu tidak dapat dilepaskan dari perbedaan latar belakang pendidikan orang tua. Penelitian ini bertujuan mengetahui tentang a) tingkat pendidikan orang tua di desa Batulayar; b) pola asuh orang tua di desa Batulayar, dan; c) penanaman nilai-nilai spiritual anak usia dini oleh orang tua di desa Batulayar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenjang pendidikan di desa Batulayar, yakni Sarjana, SMA, SMP, SD, dan orang tua putus sekolah. Pola asuh orang tua lulusan sarjana dan orang tua lulusan SMA menerapkan pola asuh demokratis (authoritative parenting). Sementara Orang tua lulusan SMP dan orang tua putus sekolah, menerapkan pola asuh otoriter (authoritarian parenting). Sedangkan orang tua lulusan SD menerapkan pola asuh permisif (permissive parenting). Selanjutnya, penanaman nilai-nilai spiritual anak usia dini oleh orang tua di desa Batulayar, umumnya memilih pendidikan di luar rumah. Pendidikan pemahaman keagamaan anak usia dini yang dipilih bersifat informal melalui lembaga TPQ, diniyah, serta guru ngaji di desa sekitar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pola asuh; spiritual; anak usia dini; orang tua
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:11
Last Modified: 08 Aug 2023 02:11
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4598

Actions (login required)

View Item View Item