Jauhari, Ahmad Thontowi (2023) Implementasi pendidikan akhlak santri Pondok Pesantren Terpadu Al-Hamidiyah NW Kediri Lombok Barat NTB. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ahmad Thontowi Jauhari 210401020_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan dalam agama ini memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan ini, bahkan kedudukannya di dalam agama menjadi sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar-tawar lagi dan Salah satu pendidikan yang paling berperan dalam kehidupan manusia adalah pendidikan akhlak. Pendidikan akhlak adalah masalah utama yang telah melanda umat manusia sepanjang sejarah. Sejarah bangsa-bangsa yang diabadikan dalam Al-Qur'an, baik Ad, Samud, Madyan, maupun bangsa-bangsa lain yang disebutkan dalam buku-buku sejarah, menyatakan bahwa jika akhlaknya kuat, maka bangsa itu akan kuat, jika tidak bangsa itu akan jatuh dan terpuruk. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah : (1) Bagaimana konsep program pendidikan akhlak santri di pondok pesantren terpadu Al-Hamidiyah NW?(2) Bagaimana implementasi pendidikan akhlak santri di pondok pesantren terpadu Al- Hamidiyah NW? (3) Bagaimana kendala-kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan pendidikan akhlak santri di pondok pesantren terpadu Al- Hamidiyah NW? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode kualitatif Desktriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif dengan cara kondensasi data, tampilan data, dan memverivikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan penelitian di Pondok Pesantren Terpadu Al- Hamidiyah NW Kediri Lombok Barat yaitu: (1) Konsep program pendidikan akhlak di PPT Al-Hamidiyah NW Kediri bersifat tertulis dalam lembaran visi misi dan program- program yang dikembangkan, (2) Implementasi pendidikan akhlak santri di PPT Al- Hamidiyah NW Kediri dibagi menjadi tiga tahap (a) Perencanaan (b) Pelaksanaan dan (c) Evaluasi (3) Adapun kendala-kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan pendidikan akhlak santri di PPT Al-Hamidiyah NW Kediri antara lain rasa malas, susah dikumpulkan saat pengadaan rapat perencanaan, dan terbatasnya sarana prasarana, ada undangan acara yang tiba-tiba, latar belakang siswa yang bermcam macam, dampak kemajuan teknologi yang semakin tidak terkontrol, faktor psikologis,minimnya keterbukaan dewan asatidz dalam mengeluarkan pendapatnya ketika rapat evaluasi, dan kesibukan pimpinan pondok.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pendidikan; akhlak; santri
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:03
Last Modified: 08 Aug 2023 02:03
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4597

Actions (login required)

View Item View Item