Nurhaliza, Nina (2022) Pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan sebagai variabel intervening: studi pada konsumen muslim milenial pengguna marketplace shopee di Kota Mataram. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nina Nurhaliza 210404014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi dan informasi di dunia khususnya internet mengalami perkembangan yang sangat pesat. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan tatap muka secara langsung, kini dapat diakses dengan mudah hanya menggunakan smartphone. Fitur online customer review dan online customer rating bisa dikatakan salah satu strategi yang terdapat pada aplikasi marketplace salah satunya yaitu marketplace Shopee. Fitur tersebut tentu dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Online customer review dan rating merupakan fitur yang bisa digunakan oleh konsumen untuk mendapatkan informasi terkait produk dalam berbelanja online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan sebagai pemediasi pada marketplace Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen muslim milenial pengguna marketplace Shopee di Kota Mataram. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Jumlah responden adalah 100. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM-PLS dengan software SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menemukan bahwa tidak adanya pengaruh langsung online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian. Hanya kepercayaan secara langsung berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Online customer review dan online customer rating secara langsung berpengaruh terhadap kepercayaan. Adapun online customer review dan online customer rating secara tidak langsung berpengaruh terhadap keputusan pembelian yaitu melalui kepercayaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: online customer review, online customer rating; marketplace; shopee
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:14
Last Modified: 02 Aug 2023 03:14
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4583

Actions (login required)

View Item View Item