Zuriatullaila, Zuriatullaila (2023) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari gender siswa Kelas VII Mts Manba’ul ‘Ulum Dasan Ketujur. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Zuriatullaila 190103097.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari gender siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Manba’ul ‘Ulum Dasan Ketujur. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa dari 40 orang siswa di kelas VII, 3 subjek laki-laki dan 3 subjek perempuan. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Pemecahan masalah matematis dianalisis berdasarkan empat indikator menurut Polya yaitu (1) memahami masalah, (2) menyusun rencana penyelesaian, (3) melaksanakan penyelesaian masalah, (4) memeriksa kembali langkah penyelesaian. Selain itu, Pemecahan masalah dianalisis juga berdasarkan level pemecahan masalah menurut Department Pendidikan Vermont. Hasil analisis tentang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan langkah Polya dan level pemecahan masalah menurut Department Pendidikan Vermont ditinjau dari gender menunjukkan bahwa: (1) subjek laki-laki dengan kategori kemampuan tinggi memenuhi 3 indikator yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian dan melaksanakan penyelesaian masalah dan mampu memenuhi level 3 kemampuan pemecahan masalah, (2) subjek perempuan dengan kategori kemampuan tinggi memenuhi 4 indikator yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan penyelesaian masalah dan memeriksa kembali dan mampu memenuhi level 3 kemampuan pemecahan masalah, (3) subjek laki-laki dengan kategori kemampuan sedang memenuhi 2 indikator yaitu memahami masalah dan menyusun rencana penyelesaian dan mampu memenuhi level 2 kemampuan pemecahan masalah, (4) subjek perempuan dengan kategori kemampuan sedang memenuhi 3 indikator yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian dan melaksanakan penyelesaian masalah dan mampu memenuhi level 3 kemampuan pemecahan masalah, (5) subjek laki-laki dengan kategori kemampuan rendah memenuhi 1 indikator yaitu memahami masalah dan mampu memenuhi level 1 kemampuan pemecahan masalah, dan (6) subjek perempuan dengan kategori kemampuan rendah memenuhi 2 indikator yaitu memahami masalah dan menyusun rencana penyelesaian dan mampu memenuhi level 2 kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pemecahan masalah matematis; polya; gender
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:49
Last Modified: 31 Jul 2023 03:49
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4570

Actions (login required)

View Item View Item