Nurdiah, Nurdiah (2023) Manajemen rumah qur’an dalam mencetak generasi qur’ani: studi kasus di Rumah Qur’an Nahdlatul Wathan Lombok Yayasan Pondok Tahfidz Baqiyatussalaf Nahdlatul Wathan. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nurdiah 210403032 _opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh satu hal yang urgen untuk dieksplorasi yaitu keberadaan dari Pondok Tahfidz Baiqiyatussalaf NW—Rumah Qur’an Nahdlatul Wathan Lombok yang memiliki program unggulan dengan keunikannya yang khas karena kurikulum yang diciptakannya sendiri sehingga membuatnya berhasil mencetak generasi Qur’ani. Program Intensif Tahfidzul Qur’an ini menjadi program unggulannya yang wajib dari semua jenjang SLTP dan SLTA yang diistilahkan dengan tingkat ‘Ula (setingkat Madrasah Tsanawiyah) dan Wustha (setingkat Madrasah Aliyah). Kegiatan di Rumah Qur’an NW Lombok Timur sebelum mata pelajaran yang lain dimulai, para santri menghafal al-Qur’an sesuai dengan tingkat hafalannya, sehingga hal ini mendorong mereka untuk pembiasaan berinteraksi dengan Al-Qur’an setiap hari. Rumah Qur’an Nahdlatul Wathan Lombok adalah satu-satunya Pondok Pesantren yang khusus memperdalam ilmu Al-Quran dan Hadits dibawah naungan Organisasi Nahdlatul Wathan. Rumah Qur’an juga membuka kelas nonformal yaitu Kelas Dauroh dan Kelas Karantina. Kelas Dauraoh adalah program khusus menghafal AL-Quran (nonformal) bagi siapa saja yang ingin menghabiskan waktunya dengan AlQuran selama 1 tahun. Program Karantina adalah Program unggulan yang dibuka setiap liburan semester dan liburan Ramadhan setiap tahunnya. Target Menghafal Quran 10 Juz dalam waktu 25 Hari serta terbiasa dengan Al-Quran setelah lulus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode deskriptif dengan teknik observasi partisifasi, wawancara dan studi dokumentasi, sedangkan pengolahan datanya dilakukan analisis data dari berbagai sumber dengan cara menelaah seluruh data kemudian melakukan uji keabsahan data dengan memperpanjang keikutsertaan, pengecekan anggota, uraian rinci, audit ketergantungan dan audit kepastian yang disepakati oleh lembaga yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan Pondok Tahfidz Baqiyatussal NW—Rumah Qur’an Nahdlatul Wathan Lombok dalam mencetak generasi Qur’ani dilihat dari strateginya yang unik dilakukan dengan sangat kompeten yang tidak terlepas dari fungsi-fungsi manajemen di dalamnya yaitu mengadakan Perencanaan (Planning), Organizing, Actuating, dan Controlling. Perencanaan dilakukan dengan cara menyusun Visi, Misi, dan Tujuan Pondok Pesantren. Kemudian membentuk struktur Kepengurusan dan merekrut Pembina yang memiliki kompentsi sesuai dengan bidang keahlian yang dikembangkan. Implementasi manajemen Rumah Qur’an Nahdlatul Wathan Lombok dirancang menjadi lima program unggulan yaitu Program I’dad, Program Tahfidz, Program Mutqin, Program Tasri’ dan Program Takmili. Kelima program inilah yang dikelola dengan baik dengan menggunakan sistem asrama (boarding school) sehingga membuatnya berhasil mencetak generasi Qur’ani yang tidak hanya berhenti pada titik itu saja, juga berimpilkasi pada kompetensi santrinya yang ahli dibidang keilmuan yang lain yaitu Santri/wati dididik dengan hikmah, Khotam 30 Juz sebelum tamat sekolah, Kajian fiqih mendalam dengan 7 kitab, Mencetak hafidz/hafidzoh yang tindih, lemah lembut, Pendalaman Nahwu Saraf dengan metode amsilati, Berbudi pekerti yang luhur dan mengerti fiqih dengan baik, Membentuk karakter berakhlak alkarimah sebelum menghafal al-Qur’an. Selanjutnya, Implikasi manajemen Pondok Tahfidz Baqiyatussalaf NW—Rumah Qur’an Nahdlatul Wathan Lombok berhasil mencetak generasi Qur’ani dengan strategi yang diimplementasikan tersebut yang di acarakan dengan meriah pada Acara Syafaat Al-Kubro/ Setoran Hafalan Terakhir 30 Juz.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: manajemen; rumah qur’an; generasi qur’ani
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:33
Last Modified: 26 Jul 2023 02:33
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4552

Actions (login required)

View Item View Item