Mahmud, Muhammad Amir (2023) Gaya kepemimpinan dan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru di MA. Putra Al-Ishlahuddiny Kediri. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Muhammad Amir Mahmud 210403045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Peran sosok Kepala Madrasah sebagai tokoh sentral di lingkungan pendidikan sangat penting dalam sebuah lembaga, sehingga gaya kepemimpinan dan supervisi Kepala Madrasah memberikan kontribusi positif terhadap profesionalitas guru Madrasah Aliyah Putra al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui gaya kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah Putra Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan supervisi Kepala Madrasah Aliyah Putra Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat. 3) Untuk mengetahui kontribusi gaya kepemimpinan dan supervisi Kepala Madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru Madrasah Aliyah Putra Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, adapun perolehan data dalam penelitian ini dari Kepala Madrasah, dewan guru, dan beberapa siswa Madrasah Aliyah Putra Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Kesimpulan dari penelitian tesis ini adalah 1) Gaya kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah Putra al-Ishlahuddiny Kediri dalam meningkatkan profesionalitas guru menggunakan gaya kepemimpinan demokrasi artinya senang menerima saran, ide dan kritik dari bawahan, mengkomunikasikan kebijakan dan masalah, membangun tim kerja secara kekeluargaan. 2) Supervisi yang dilaksanakan oleh Kepala Madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru adalah dalam bentuk Colaborative, dan 3) Gaya kepemimpinan dan supervisi Kepala Madrasah memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan profesionalitas guru Madrasah Aliyah Putra Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat. Berdasarkan kesimpulan penelitian, maka Kepala Madrasah hendaknya berusaha dan komitmen terhadap pengembangan kinerja para personal (terutama para guru) ke arah profesionalitas yang diharapkan, untuk menciptakan itu semua maka pimpinan madrasah harus memperhatikan Gaya Kepemimpinan Collaborative Democracy (Demokrasi Kolaborasi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan; supervisi; profesionalitas; guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:09
Last Modified: 26 Jul 2023 01:09
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4550

Actions (login required)

View Item View Item