Husni, Husni (2022) Pengaruh pendidikan guru penggerak dan kompetensi kepemimpinan terhadap kompetensi manajerial guru penggerak SMP di Kabupaten Lombok Barat. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Husni 210403008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Pendidikan guru penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 9 bulan bagi Calon Guru Penggerak. Out put dari pendidikan guru penggerak adalah guru penggerak. Guru penggerak merupakan pemimpin pembelajaran dalam merdeka belajar. Sebagai leader guru penggerak harus memiliki kompetensi kepemimpinan dan manajerial yang handal dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin pembelajaran di kelas, kepala sekolah atau pengawas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan guru penggerak dan kompetensi kepemimpinan terhadap kompetensi manajerial guru penggerak SMP di Kabupaten Lombok Barat . Metode yang di gunakan adalah kuantitatif , dengan jumlah populasi sebanyak 30. Waktu penelitian bulan Maret sampai dengan Desember 2022. Variabel bebasnya adalah pendidikan guru penggerak dan kompetensi kepemimpinan, sedangkan variabel terikatnya adalah kompetensi manajerial. Instrumen pengumpulan data adalah angket. Teknik analisa data berupa pengujian kualitas data (uji validitas dan reliabilitas) dan uji normalitas data. Teknik pengujian hipotesis berupa uji regresi linier berganda (analisis korelasi dan persamaan regresi ganda), uji t, uji F dan uji koefisien determinasi ( R2). Hasil analisis data membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan : (1) pendidikan guru penggerak terhadap kompetensi manajerial guru penggerak SMP di Kabupaten Lombok Barat dengan nilai signifikansi sebesar 2,904 lebih besar dari t tabel yaitu 2,052, (2) kompetensi kepemimpinan terhadap kompetensi manajerial guru penggerak SMP di Kabupaten Lombok Barat dengan nilai signifikansi sebesar 2,838 lebih besar dari t tabel yaitu 2,052, dan (3) secara signifikan dan simultan antara pendidikan guru penggerak dan kompetensi kepemimpinan terhadap kompetensi manajerial guru penggerak SMP di Kabupaten Lombok Barat tahun 2022 dengan nilai signifikansi sebesar 452,428 lebih besar dari F tabel yaitu 3,350. Dengan demikian, pendidikan guru penggerak dan kompetensi kepemimpinan sangat pengaruh terhadap kompetensi manajerial guru penggerak SMP di Kabupaten Lombok Barat dengan nilai R Squerenya 0,971 atau sama dengan 97,1 %, sedangkan sisanya yakni 2,9 dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain yang tidak diikutkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pendidikan guru; penggerak; kompetensi; kepemimpinan; manajerial
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:34
Last Modified: 18 Jul 2023 03:34
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4514

Actions (login required)

View Item View Item