Basri, Hasan (2022) Manajemen kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri dalam meningkatkan kompetensi siswa di SMKN 2 Selong Lombok Timur. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Hasan Basri 200403030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

INDONESIA Latar belakang penelitian dalam tesis ini adalah sekolah pada program kejuruan para peserta didiknya memperoleh teori di sekolah kemudian diterapkan pada DUDI dengan magang di dunia kerja sehingga lebih mengenal lapangan yang sesungguhnya, peserta didik sekolah kejuruan dapat memenuhi kebutuhan DUDI serta adanya perekrutan lulusan SMK secara langsung. Fokus dan pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) bagaimana perencanaan kerjasama sekolah dengan dunia industri dalam meningkatkan kompetensi siswa?, (2) bagaimana pengorganisasian kerjasama sekolah dnegan dunia usaha dan dunia industri dalam meningkatkan kompetensi siswa?, (3) bagaimana pelaksanaan kerjasama sekolah dengan dunia industri dalam meningkatkan kompetensi siswa?, dan (4) bagaimana evaluasi kerjasama sekolah dengan dunia industri dalam meningkatkan kompetensi siswa?. Tesis ini bertujuan bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap, dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas dalam pembelajaran, yakni dengan memahami hakikat dari sebuah manajemen kerjasama sekolah dengan dunia industri guna menciptakan kerjasama yang efektif dalam meningkatkan kompetensi siswa. Jenis penelitian ini adalah berupa penelitian kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan : (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumen. Tknik analisis data yang digunakan vii yaitu Model Miles dan Hubernes terdiri dari data condetation, data display,dan conclusion drawing verification. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Perencanaan program kegiatan praktik kerja industri terhadap DUDI didasarkan pada sinkronisasi kurikulum bersama, pembuatan MoU antara sekolah dengan DUDI, perencanaan kesiapan siswa (pemetaan kompetensi), dan perencanaan penempatan (pemetaan tempat DUDI) yang sesuai dengan kompetensi peserta didik yang dibutuhkan oleh DUDI. (2) Pengorganisasian pada program kegiatan praktik kerja industri dengan cara pembagian struktur organisasi dan pembagian kerja, serta penempatan peserta didik pada DUDI masing-masing. (3) Pelaksanaan program kegiatan praktik kerja industri terhadap DUDI dilakukan secara fleksibel sesuai dengan kebijakan sekolah masing-masing. Dengan cara diadakannya pelatihan, praktik kerja industri secara langsung, maupun rekruitmen peserta didik yang memenuhi kebutuhan DUDI. (4) Evaluasi program kegiatan praktik kerja industri terhadap DUDI dilaksanakan dengan penilaian dari pihak DUDI menggunakan format penilaian dari sekolah masing-masing.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kompetensi; kerjasama; siswa; management
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:10
Last Modified: 18 Jul 2023 02:10
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4509

Actions (login required)

View Item View Item