Fansuri, Hamzah (2022) Game online dan perilaku komunikasi remaja muslim milenial dalam perspektif psikologi komunikasi di Dusun Kekalek Kecamatan Pringgarata Lombok Tengah. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Hamzah Fansuri 200405004 _opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Game online kini sudah tidak asing bagi kaum remaja muslim, semua berkat banyaknya game center yang menyediakan pasilitas untuk bermain, juga ketersediaan gadget yang semakin canggih yang dapat digunakan untuk mengakses game, kehadiran game online bagi gamers di Kekalek dinilai bisa memberikan hiburan dan menarik untuk dimainkan. Ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif bertujuan menemukan apa motivasi gamers bermain game online serta bagaimana implikasinya pada perilaku komunikasi mereka. Penggalian data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses penelitian berlansung selama satu bulan, diawali dengan observasi selama beberapa bulan, melibatkan tujuh puluh informan lebih, terdiri dari warga, akademisi, tokoh masyarakat, gamers dan DKM. Penelitian ini menemukan, game online bagi gamers di lokasi penelitian berimplikasi pada perilaku komunikasi yang dominan negative, semisal slow respon, no respon, bahkan negative respon ketika mereka sedang asik bermain game online. Ruang percakapan game kerapkali diwarnai dengan komunikasi yang kurang baik, yang terkadang tanpa sadar komunikasi semacam itu dihadirkan ke ruang percakapan yang lebih luas. Tesis ini menyimpulkan, motivasi gamers bermain game bersifat intrisik dan ekstrisik, akibatnya game online kerapkali menjadi sesuatu yang lebih penting dari mengindahkan bahasa orangtua, perilaku komunikasi seperti di atas juga terjadi karena kegagalan komunikator memenuhi efektifitas komunikasi seperti yang dirumuskan Stewart dan Sylvia, serta adanya perbedaan sistem nilai yang dianut oleh gamers dan orangtuan tentang game online.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: game; perilaku; remaja; psikologi; komunikasi
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:43
Last Modified: 15 Jun 2023 01:43
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4432

Actions (login required)

View Item View Item