Puspitasari, Arum (2022) Faktor-faktor penghambat kemampuan membaca siswa Kelas IX MTs Nurul Mukhtar Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Arum Puspitasari 180102125.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Keberhasilan proses pembelajaran di kelas tidak terlepas dari perencanaan pembelajaran yang baik. Perencanaan dapat mencapai tujuan yang diinginkan dalam pembelajaran, memotivasi siswa dan menghindari adanya hambatan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran Maharah Al-Qira’ah memadukan antara disiplin ilmu Bahasa Arab yang lain. Problem dalam Pembelajaran Maharah Al-Qira’ah dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Begitu pula solusi yang diberikan bermacam-macam sesuai dengan kebutuhannya. Adapun, tujuan penelitian ini, pertama, untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat kemampuan membaca siswa kelas IX MTs Nurul Mukhtar Bima. Kedua, untuk mengetahui usaha-usaha yang harus dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas IX di MTs Nurul Mukhtar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yakni dengan mendeskripsikan dan menganalisis kegiatan yang ada dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di dalam kelas IX MTs Nurul Mukhtar. Metode pengumpulan data dengan melakukan penelitian langsung terhadap proses pembelajaran, wawancara dengan Guru Bahasa Arab serta siswa kelas IX dan dokumentasi. Kemudian, Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru Bahasa Arab dan Siswa kelas IX MTs Nurul Mukhtar. Analisis yang digunakan adalah Analisis deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan beberapa temuan tentang faktor-faktor yang menghambat kemampuan membaca siswa, yakni : (1) Faktor Linguistik yang terdiri dari Faktor penerapan teori Qawa’id Nahwu dan Sharf, lemahnya memahami bacaan dan menghiraukan sebagian kata dalam kalimat bacaan. Kemudian, Faktor non-linguitik terdiri dari pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas, pengkondisian kelas yang kurang maksimal, latar belakang siswa yang berbeda-beda, lemahnya motivasi belajar membaca, kurangnya waktu yang disediakan sekolah dan proses evaluasi yang kurang memenuhi kriteria penilaian Maharah Al-Qira’ah, (2) usaha untuk meningkatkan meningkatkan keterampilan membaca siswa di kelas IX MTs Nurul Mukhtar yakni dengan menerapkan metode belajar yang kreatif serta variatif, melalui program belajar kelompok, motivasi pada saat proses awal pembelajaran dan perencanaan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Faktor penghambat; maharah al-qira’ah; usaha dalam pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200318 Middle Eastern Languages
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200527 Arabic Literature (al-Adab al-‘Arabī) > 20052701 Nadlariyat al-Adab (Arabic Literary Theory)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200527 Arabic Literature (al-Adab al-‘Arabī) > 20052710 Naqd al-Adab (Arabic Literary Criticism) - 'Ilmu al-Balaghah - al-Ma'ani
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:25
Last Modified: 14 Jun 2023 02:25
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4431

Actions (login required)

View Item View Item