Hadiyana, Endang (2023) Respon generasi milenial pada konten dakwah youtube Fahrurrozi dahlan channel (analisis netnografi). Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Endang Hadiyana 210405021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA Dakwah virtual muncul sebagai sarana dan metode dakwah baru agar dakwah menjadi lebih aktual, faktual dan juga kontekstual sehingga dakwah memiliki jangkauan yang lebih luas dan tidak lekang oleh waktu. Berkembangnya penggunaan youtube sebagai media dakwah kemudian dimanfaatkan oleh Fahrurrozi. Channel dakwah tersebut dibuat 2 tahun yang lalu namun perkembangan viewers dan subscribernya cukup pesat, walaupun channel youtube tersebut belum lama dibuat, jumlah subscriber youtube ini sudah mencapai 4,12 ribu dan memiliki lebih 157.566 jam tayang dan subscribernya di dominasi oleh generasi milenial. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konten dakwah dan jenis respon generasi milenial pada channel Youtube Fahrurrozi Dahlan Channel. Tesis ini merupakan penelitian virtual dengan pendekatan kualitatif. Penggalian data dilakukan dengan cara analisis media cyber dalam etnografi virtual, wawancara mendalam, dan dokumentasi virtual. Proses penelitian intensif dilakukan selama 8 bulan dengan melibatkan narasumber utama, informan terpercaya, dan analisis mendalam pada channel Youtube Fahrurrozi Dahlan Channel. Pada penelitian ini ditemukan bahwa channel Youtube Fahrurrozi pada konten dakwah yang bertema nasehat bijak dan edukasi tidak terlalu diminati oleh generasi milenial, hal ini disebabkan karena kemasan thumbnail dan desain visual channel Youtube Fahrurrozi tidak menggunakan warna yang tidak begitu digemari generasi milenial. Disamping itu, konten dakwah Fahrurrozi lebih condong pada dakwah klasik bernuansa ilmiah yang sifatnya serius dan tidak menghibur. Pada penelitian ini ditemukan fakta bahwa Fahrurrozi tidak ingin menjadi da’i entertain (tontonan) melainkan ingin menjadi da’i tuntunan dan suri teladan untuk banyak orang sehingga ia tetap mempertahankan strategi dan tema dakwahnya. Sedangkan konten dakwah youtube Fahrurrozi ertema organisasi ke-NWan, khutbah jum’at dan pengajian memiliki banyak peminat. Pada konten dakwah ini terdapat banyak sekali respon negative dan komentar hate speech dari netizen, selain itu respon generasi milenial juga positif dan beberapa memberikan respon netral. Walaupun sumber yang kredibel dapat mempengaruhi keberhasilan proses komunikasi, namun dampak sumber terhadap penerima pesan bervariasi. Namun demikian sumber yang memiliki kredibilitas tinggi dapat memberikan pengaruh kepada penerima pesan dalam hal penerimaan awal dari suatu pesan, sehingga merangsang penerima pesan memberikan respon yang cenderung positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: generasi milenial; konten dakwah; youtube; respon
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:11
Last Modified: 14 Jun 2023 02:11
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4430

Actions (login required)

View Item View Item