Nurmaidah, Nurmaidah (2022) Integrasi agama dan sains: analisis pembelajaran berbasis riset di Pesantren Alam Sayang Ibu Lombok. Doctoral thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nurmaidah 190701015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

INDONESIA Disertasi ini menemukan bentuk alternatif integrasi agama dan sains dalam Pesantren Riset. Pesantren telah bertransformasi menjadi institusi riset tanpa kehilangan ruhnya dalam mencetak kader faqih fi ulum al-din dengan tradisi kitab kuning dan faqih fi masalih al-ummah dengan tradisi riset bidang sains. Temuan ini didukung oleh: 1) Bentuk Integrasi agama dan sains di Pesantren Alam Sayang Ibu (PAMSI) yaitu a). Integrasi filosofi. Filosofi Pesantren “manusia khalifah; berzikir, berpikir dan berkarya” telah menjadi panduan pesantren dalam mendesain visi madrasah unggul profesional berwawasan lingkungan dengan kultur riset dan kewirausahaan secara holistik dan berkelanjutan. Filosofi tersebut telah menjadi landasan pengembangan kurikulum dan pembelajaran berbasis riset. b). Integrasi kelembagaan antara sekolah/madrasah dan asrama dalam wujud kelembagaan Pesantren Riset. Sekolah/Madrasah dengan kegiatan kurikuler selama 5 hari perminggu dan 8 jam perhari terintegrasi dengan kegiatan ekstrakurikuler selama 16 jam di asrama. c). Integrasi kurikulum nasional dengan kurikulum kepesantrenan. Big Curriculum PAMSI didesain dengan pola rukun Islam dalam bentuk kurikulum individu, komunitas dan masyarakat. 2). Implementasi Kurikulum terintegrasi berbasis riset di Pesantren didesain dalam tiga tahap. Perencanaan melalui rapat mingguan terkait pedagogik dan microteaching yang menghasilkan RPP dan modul terintegrasi. Pelaksanaan dalam Unit Curriculum yaitu pembelajaran model jaring laba-laba (webbed) dengan pendekatan transdisipliner dan Project Curriculum dengan model problem atau project based learning. Evaluasi dengan model evaluasi formatif dan sumatif, format tes maupun non-tes yang terdiri dari bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan kinerja, pengukuran sikap, penilaian hasil karya berupa tugas, proyek dan/atau produk riset, penggunaan portofolio dan penilaian diri. Disertasi ini mendukung teori Seyyed Hossein Nasr, Mulyadi Kartanegara, Amin Abdullah bahwa untuk mencapai integrasi agama dan sains, maka integrasi harus didesain pada level filosofis, metodologis, kurikulum dan kelembagaan. Disertasi ini mendukung teori kurikulum terintegrasi model web Robin Fogarty. Di sisi lain, disertasi ini mengkritik pendapat Fazlurrahman, Abdul Karim Sorroush, dan Bassam Tibi yang berpendapat Islamisasi sains tidak logis atau tidak mungkin, karena sains bersifat universal, sehingga tidak ada sains Islam, Hindu, Yahudi atau Kristen.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: pesantren; integrasi; agama; sains; pembelajaran; riset
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Doktoral Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:13
Last Modified: 12 Jun 2023 03:13
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4406

Actions (login required)

View Item View Item