Nazopah, Nada (2022) Pemikiran pendidikan islam Tuan Guru Haji Musthofa Umar Abdul Aziz Lombok dalam membumikan Al-Qur’an. Doctoral thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nada Nazopah 200701016_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

INDONESIA Pendidikan saat ini tentunya tidak dapat dipisahkan dari konsep para pemikir, praktisi, dan tokoh pendidikan masa kini yang tidak menutup kemungkinan diilhami oleh ide-ide brilian para pendidik mereka sebelumnya. Konsep awal pesantren modern tidak lepas dari adanya gagasan tentang Islamisasi ilmu pengetahuan. Perkembangan Islam di Lombok sangat dipengaruhi oleh keberadaan Tuan Guru yang mampu memberikan perubahan tatanan sosial di masyarakat. Penelitian ini akan mengupas tentang konstruksi pemikiran pendidikan Islam TGH. Musthofa Umar Abdul Aziz, metode pembelajaran dan tahfidz Qur’an yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-Aziziyah, dan pola penyebaran dan pembumian al-Qur’an di masyarakat. Disertasi ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode historis. Penjaringan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Proses penelitian intensif ini melibatkan informan yang terdiri dari keluarga, sahabat, para santri, para asatidz, alumni, dan masyarakat di sekitar Pondok Pesantren Al-Aziziyah. Penelitian ini menggunakan teori Sosiologi Pengetahuan Peter L. Berger terdiri dari tahapan internalisasi, obyektivasi dan ekternalisasi. Selain itu, teori pendukung lainnya yakni teori Propagasi Syamzan Syakur untuk menganalisis sikap alumni terkait pendidikan al-Qur’an yang telah diterima selama belajar di Pondok Pesantren AlAziziyah dan penerapannya di lembaga pendidikannya masing-masing dengan varian sikap rejection (menolak), negosiation dan reseption (penerimaan). Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa TGH. Musthofa Umar Abdul Aziz mendirikan Pondok Pesantren Al-Aziziyah sebagai upaya dalam membumikan al-Qur’an bertujuan untuk menciptakan generasi yang memiliki pengetahuan yang jelas tentang ayat-ayat al-Qur’an, hadis-hadist yang rinci, dan sunnah-sunnah yang diamalkan. Filosofinya yakni dalam mencetak ulama’ diawali dengan mencetak penghafal al-Qur’an. Pendidik al-Qur’an adalah pengajar alQur’an yang sudah mempelajari al-Qur’an dari muqri’ al-Qur’an yang lebih tinggi. Peserta didik yang belajar al-Qur’an yakni orang yang belajar al-Qur’an mulai dari membaca, menghafal, sampai dengan memahami dan mengamalkan isi al-Qur’an. Kurikulum adalah mata pelajaran dan pengalaman belajar yang dilakukan dalam mencapai tujuan pendidikan al-Qur’an. Evaluasi merupakan penilaian yang dilakukan terhadap program pendidikan al-Qur’an. Metode pengajaran al-Qur’an yang diterapkan yakni menggunakan metode Iqro’ yang evaluasi kenaikan jilid hanya boleh dilakukan oleh ustadz/ustadzah viii tertentu. Metode menghafal al-Qur’an menggunakan metode Talaqqi sebagai metode utamanya disamping metode-metode yang lain sebagai pendukung. Manajemen pendidikan al-Qur’an dilaksanakan dengan menerapkan empat fungsi manajemen. Pada tahap internalisasi, TGH. Musthofa Umar Abdul Aziz banyak dipengaruhi oleh faktor lingkungan saat proses menempuh pendidikan maupun proses pembauran dengan lingkungan sekitar dan terus mengalami perkembangan khususnya berkaitan dengan pendidikan al-Qur’an. Pada tahap objektivasi, TGH. Musthofa Umar Abdul Aziz menerjemahkan pengetahuan yang telah didapatkan menjadi suatu kepercayaan dalam dirinya. Pada proses eksternalisasi TGH. Musthofa Umar Abdul Aziz mendirikan lembaga pendidikan al-Qur’an yakni Pondok Pesantren Al-Aziziyah. Pola pengembangan dan pembumian al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Aziziyah dilakukan melalui pengembangan lembaga pendidikan dan asrama. Pola penyebaran pendidikan al-Qur’an di masyarakat melalui proses akulturasi dilaksanakan dengan varian sikap negosiation dan reseption (penerimaan).

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: pemikiran; tahfidz al-qur’an; tgh. musthofa umar abdul aziz.
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040308 Islamic Studies not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Doktoral Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:02
Last Modified: 12 Jun 2023 03:02
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4405

Actions (login required)

View Item View Item