Mustain, Mustain (2022) Praksis moderasi beragama dalam pendidikan agama dan budi pekerti di SMAN 2 Mataram dan SMA Katolik Kesuma Mataram. Doctoral thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Mustain 200701015_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian disertasi ini dilatar belakangi fakta intoleransi yang masih memberi warna dalam kehidupan beragama di Indonesia, termasuk di institusi pendidikan. Dalam konteks inilah pendidikan agama dapat diorientasikan untuk menumbuhkan toleransi di sekolah. Hal itu sebagaimana berlangsung di dua sekolah di Kota Mataram, yaitu SMA Katolik dan SMAN 2 Mataram. Dengan pendekatan kualitatif-fenomenologis, dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan praktik toleransi dalam pendidikan agama yang berlangsung di dua sekolah tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengamalan agama di sekolah dapat menjadi ruang untuk mempraktikkan toleransi beragama di sekolah. Hal itu diwujudkan dalam bentuk penyediaan fasilitas pendukung bagi peserta didik yang beragam agama untuk dapat mengamalkan agama dan keyakinannya di sekolah. Pengamalan ibadah ritual dan kegiatan seremonial keagamaan yang dilakukan bersama-sama oleh seluruh warga sekolah, khususnya peserta didik, merupakan bentuk pembelajaran dalam mempraktikkan toleransi beragama di sekolah. Penelitian disertasi ini juga menemukan bahwa pemahaman dan pengalaman toleransi beragama pada peserta didik lebih banyak didapatkan dari kontak langsung dengan orang lain yang berbeda agama dan keyakinan di sekolah dibandingkan pembelajaran agama dari guru pendidikan agamanya. Guru agama cenderung menghindari untuk mengenalkan agama lain kepada peserta didiknya dalam pembelajaran agama mereka karena dikhawatirkan berdampak negatif pada keyakinan agama peserta didiknya. Secara umum pandangan eksklusif masih dominan sehingga toleransi beragama yang berlansung di kedua sekolah masih bersifat tipis.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: moderasi beragama; pengamalan ritual; toleransi tipis
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Doktoral Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:31
Last Modified: 12 Jun 2023 02:31
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4402

Actions (login required)

View Item View Item