Rahmah, Saumi (2022) The living Qur’aN penanaman nilai-nilai Surah Al- muzammil Ayat 4-5 dalam pengajaran MakhaRijul huruf pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di TPQ Aisyah Desa Batu yang Lauk, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lomok Timur, NTB). Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Text
SAUMI RAHMAH 180601118_.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA Makna Living Qur‟an bisa diartikan sebagai metode atau rujukan baru dalam kajian al-Qur’an. Sedangkan makha>rijul huruf> dapat diartikan sebagai tempat keluarnya huruf hijaiyah, pada saat membaca al-Qur’an makhraj yang keluar harus tepat agar bacaannya terdengar indah saat dilantunkan. Dari usia sejak dini harus didasari dengan pembelajaran al-Qur’an. Salah satu tempat khusus untuk mempelajarai dasar pembacaan al-Qur’an diantara nya di TPQ. Rumusan masalah yang digunakan peneliti pada skripsi ini antara lain,1) Bagaimana penafsiran surah al-Muzammil ayat 4-5?.2) Bagaimana upaya penerapan nilai-nila surah al-Muzammil ayat 4-5 dalam pengajaran makhar> ijul huruf> pada anak usia dini di TPQ Aisyah? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif dengan pendekatan Living Qur‟an. Di dalam melakukan observasi peneliti menemuka suatu peristiwa yang benar-benar nyata adanya. Living Qur‟an dalam analisis ini supaya bisa menghidupkan al-Qur’an ditengah-tengah kalangan Muslim untuk memudahkan masyarakat dalam mengakji al-Qur’an al-Karim. Hasil observasi pada penelitian di Desa Batuyang Lauk, untuk mengungkapkan isi kandungan surah al-Muzammil ayat 4-5 peneliti menggunakan tiga penafsiran dalam satu ayat. Ayat ke-4 menjelaskan betapa pentingnya membaca kalam Allah dengan suara perlahan-lahan, ketiga penafsiran tersebut berpendapat bahwasanya membaca al-Qur’an harus dengan suara yang perlahan dan bagus agar bacaannya terdengar indah saat dilantunkan. Sedangkan ayat ke-5 menerangkan bahwa kalam Allah sangat berat tanggung jawabnya. Menurut ketiga penafsiran berpendapat bahwa beratnya kalam Allah karena sulit untuk dipahami, kecuali memiliki jiwa dan hati yang bersih. Meningkatkan pembelajaran makha>rijul huru>f yaitu dengan cara mendekatkan diri terhadap anak-anak agar nyaman dalam belajar. Dalam meningkatkan kemampuan anak dalam memperkenalkan huruf-huruf hijaiyah maka pengajar menggunakan beberapa metode dalam meningkatkan pembelajaran makhar> ijul huruf> yaitu dengan cara pengenalan huruf-huruf hijaiyah, menyimak satu persatu bacaan al-Qur’an dan perbaikan huruf.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | living Qur‟an,; Nilai-Nilai Surah Al-Muzammil ; Ayat 4-5; kharijul Huruf." |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130107 Sasak, Samawa, and Mbojo Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 02:59 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 02:59 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4360 |
Actions (login required)
View Item |