Rahmah, Saumi (2022) The living Qur’aN penanaman nilai-nilai Surah Al- muzammil Ayat 4-5 dalam pengajaran MakhaRijul huruf pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di TPQ Aisyah Desa Batu yang Lauk, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lomok Timur, NTB). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
SAUMI RAHMAH 180601118_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Makna Living Qur‟an bisa diartikan sebagai metode atau rujukan baru dalam kajian al-Qur’an. Sedangkan makha>rijul huruf> dapat diartikan sebagai tempat keluarnya huruf hijaiyah, pada saat membaca al-Qur’an makhraj yang keluar harus tepat agar bacaannya terdengar indah saat dilantunkan. Dari usia sejak dini harus didasari dengan pembelajaran al-Qur’an. Salah satu tempat khusus untuk mempelajarai dasar pembacaan al-Qur’an diantara nya di TPQ. Rumusan masalah yang digunakan peneliti pada skripsi ini antara lain,1) Bagaimana penafsiran surah al-Muzammil ayat 4-5?.2) Bagaimana upaya penerapan nilai-nila surah al-Muzammil ayat 4-5 dalam pengajaran makhar> ijul huruf> pada anak usia dini di TPQ Aisyah? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif dengan pendekatan Living Qur‟an. Di dalam melakukan observasi peneliti menemuka suatu peristiwa yang benar-benar nyata adanya. Living Qur‟an dalam analisis ini supaya bisa menghidupkan al-Qur’an ditengah-tengah kalangan Muslim untuk memudahkan masyarakat dalam mengakji al-Qur’an al-Karim. Hasil observasi pada penelitian di Desa Batuyang Lauk, untuk mengungkapkan isi kandungan surah al-Muzammil ayat 4-5 peneliti menggunakan tiga penafsiran dalam satu ayat. Ayat ke-4 menjelaskan betapa pentingnya membaca kalam Allah dengan suara perlahan-lahan, ketiga penafsiran tersebut berpendapat bahwasanya membaca al-Qur’an harus dengan suara yang perlahan dan bagus agar bacaannya terdengar indah saat dilantunkan. Sedangkan ayat ke-5 menerangkan bahwa kalam Allah sangat berat tanggung jawabnya. Menurut ketiga penafsiran berpendapat bahwa beratnya kalam Allah karena sulit untuk dipahami, kecuali memiliki jiwa dan hati yang bersih. Meningkatkan pembelajaran makha>rijul huru>f yaitu dengan cara mendekatkan diri terhadap anak-anak agar nyaman dalam belajar. Dalam meningkatkan kemampuan anak dalam memperkenalkan huruf-huruf hijaiyah maka pengajar menggunakan beberapa metode dalam meningkatkan pembelajaran makhar> ijul huruf> yaitu dengan cara pengenalan huruf-huruf hijaiyah, menyimak satu persatu bacaan al-Qur’an dan perbaikan huruf.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: living Qur‟an,; Nilai-Nilai Surah Al-Muzammil ; Ayat 4-5; kharijul Huruf."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130107 Sasak, Samawa, and Mbojo Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 07 Jun 2023 02:59
Last Modified: 07 Jun 2023 02:59
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4360

Actions (login required)

View Item View Item