Wadi, Hamzan (2016) Pengaruh penggunaan metode pembelajaran explicit instruction terhadap hasil belajar matematika materi pokok bilangan bulat pada siswa kelas VII SMPN 5 Prayatahun ajaran 2016/2017. Other thesis, UIN Mataram.

[img] Text
HAMZAN WADI 151124063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan metode pembelajaran explicit instruction terhadap hasil belajar matematika materi pokok bilangan bulat pada siswa kelas VII SMPN 5 Praya tahun ajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Tehnik pengambilan sampel yaitu secara incidental (kebetulan). Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes sebagai metode pokok, sedangkan metode observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai metode bantu. Tehnik analisis data menggunakan uji-t test yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, data dianalisis dengan menggunakan program excel. Uji t menggunakan rumus perhitungan uji-t test Pooled Varians dengan menggunakan program excel juga sehingga didapatkan t hitung sebesar 1.079 dan diinterperestasikan pada t tabel dengan taraf signifikasi 5% diperoleh nilai t tabel yaitu 2.035 karena t hitung < t tabel, menunjukkan bahwa metode pembelajaran eksplicit instruction tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika materi pokok bilangan bulat pada siswa kelas VII SMPN 5 Praya Tahun Ajaran 2016/2017. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata tes akhir kelas kontrol 59.65 dan nilai rata-rata untuk tes akhir kelas eksperimen 67.06 hal ini menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan metode explicit instruction dengan yang tidak menggunakan metode explicit instruction ada sedikit perbedaan hasil ditinjau dari nilai rata-rata hasil belajar. Akan tetapi jika kita lihat dari hasil uji hipotesis maka metode pembelajaran ekxplicit instruction tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran; explicit instruction; hasil belajar; matematika; bilangan bulat; materi pokok
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:22
Last Modified: 30 Jul 2024 02:22
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/435

Actions (login required)

View Item View Item