Nurani, Dini (2021) Konsep memakmurkan Masjid dalam Al-Quran menurut Tafsir Al-Azhar karya Hamka. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Dini Nurani 160206010_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Al-Qur‟an adalah sumber utama panduan ummat manusia. Salah satu bentuk kepatuhan terhadap perintah memakmurkan masjid yang akhir- akhir ini dipraktikkan dengan tidak benar. Dengan demikian dibutuhkan sebuah konsep yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui term masjid dalam Al-Qur‟an, dan 2) untuk mengetahui konsep memakmurkan masjid menurut perspektif Hamka dalam Tafsir Al-Azhar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan sumber data primer berupa Al Qur‟an dan Tafsir Hamka yang dianalisis dengan metode Induktif. Untuk mengetahui term masjid digunakan metode maudlu‟I dengan langkah: mengumpulkan ayat-ayat tentang masjid dan akar katanya, mencari asbabun nuzul-nya, dan mencari ayat-ayat dan hadis-hadis serta sumber- sumber sejarah yang berkaitan dengan masjid. Sedangkan untuk menemukan konsep memakmurkan masjid digunakan metode library research. Hasil penelitian ini ialah sebagai berikut: 1) Term masjid menurut Al-Qur‟an ialah tempat sujud atau tempat orang bersembahyang menurut syarat dan rukun yang telah ditentukan oleh Islam. 2) Konsep memakmurkan masjid menurut perspektif Hamka ialah sebagai berikut: (1) menjaga kebersihan fisik masjid, (2) menjaga kebersihan diri dan perilaku setiap pengunjung masjid untuk menjaga marwah masjid, (3) menjadikan masjid yang telah ramai oleh jamaah sebagai pusat dakwah ummat, (4) ummat diarahkan kepada pemikiran netralitas dan multikultural untuk menyatukan visi dan hati, (5) membangun berbagai lembaga: konsultasi masyarakat dalam memecahkan masalah sehari-hari,lembaga pendidikan, layanan sosial, penerbitan majalah dan pembuatan perpustakaan ummat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: konsep; memakmurkan; masjid; al-Qur’an; al-Azhar; hamka"
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040308 Islamic Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 22 May 2023 03:31
Last Modified: 22 May 2023 03:31
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4288

Actions (login required)

View Item View Item