Armi, Nia (2019) Analisis kesulitan guru dalam pengelolaan kelas inklusif di PAUD Lenterahati Islamic Boarding School Jempong Baru Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nia Armi1501101190.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan kesulitan guru dalam pengelolaan kelas inklusif dan upaya guru untuk mengatasi permasalahan dalam pengelolaan kelas inklusif dari aspek manajemen kelas, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, proses pembelajaran dan kerjasama dalam pengelolaan pendidikan inkluisif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas dan guru pendamping khusus. Teknik pengumpulan data dengan metodewa wancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakanuntuk menganalisis data yakni deskriptif kualitatif dengan langkah meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dalam bentuk naratif kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1. Permasalahan dalam pengelolaan kelas inklusif yakni: (a) kesulitan dalam proses pembelajaran, (b) kesulitan dalam menangani siswa ABK, (c) kesulitan dalam menerapkan model inklusif penuh. 2. Upaya guru untuk mengatasi kesulitan yakni: (a) memanfaatkan media danteknologi yang ada, serta mengikuti seminar ataupelatihan mengenai pendidikan inklusif dan penanganan anak berkebutuhan khusus, (b) Memberikan pengertian dan menjelaskan kepada anak yang normal untuk tetap menerima dan memahami keadaan anak yang berkebutuhan khusus, (c) berkomunikasi secara intens dengan orang tua mengenai permasalahan anaknya disekolah dengan cara mengadakan pertemuan orang tua/wali murid yaitu melalui kegiatan parenting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kesulita;, pengelolaan kelas; pendidikan inklusif
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Lalu Muh Hammam Tsani
Date Deposited: 26 Mar 2021 13:18
Last Modified: 26 Mar 2021 13:18
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/426

Actions (login required)

View Item View Item