Hidayah, Nurul (2021) Etika komunikasi antara komunitas Islam dan Hindu dalam transaksi jual beli di Pasar Tradisional Endut Desa Batu Mekar Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nurul Hidayah 170301037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian yang berjudul Etika Komunikasi Antara Komunitas Islam dan Hindu dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Tradisional Endut Desa Batu Mekar Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat untuk mendapat gambaran serta informasi yang mendalam terkait bagaimana etika komunikasi umat islam dan hindu dalam melakukan transaksi jual beli di pasar. Dalam hal ini etika komunikasi yang di temukan di lapangan yanki dengan menggunakan komunikasi Bahasa yang sopan, baik, halus, sesuai dengan aturan Norma dan agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang sumber data primernya di ambil dari kata-kata yang di dapatkan dari hasi observasi, wawancara, dan dokumentasi secara langsung dengan orang-orang yang bersangkutan. Ada beberapa informan yang diambil diantaranya pengelola pasar, pedagang Islam dan pedagang hindu, pembeli islam dan hindu, petugas keamanan pasar, petugas kebersihan pasar, dan tokoh sejarah di Desa Batu Mekar. Sumber data sekundernya di dapat melalui UPT BAPENDA Lombok Barat. Kesimpulan yang dihasilkan adalah etika komunikasi yang dilakukan dalam proses transaksi jual beli antar komunitas Islam dan Hindu yaitu etika yang sesuai dengan norma-norma yang berlaku di Indonesia yaitu berkata baik, saling menghargai, menghormati, dan menjaga perasaan antara satu dengan yang lain dalam rangka mewujudkan komunikasi yang baik dan efektif. Selain itu penggunaan komunikasi nonverbal juga perlu diperhatikan, dengan cara gerak tubuh dan mimik wajah yang baik. Adapun faktor yang mempengaruhi efektivitas komunikasi antara komunitas Islam dan Hindu yaitu kebersamaan yang lama, iklim komunikasi yang positif, dan persaudaraan. Semua dibentuk dalam komunikasi interaksi antarbudaya yang mampu menciptakan rasa saling memahami budaya masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: etika; komunikasi; transaksi; jual beli; antar budaya
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200209 Multicultural, Intercultural and Cross-cultural Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 16 May 2023 02:01
Last Modified: 16 May 2023 02:01
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4252

Actions (login required)

View Item View Item