Sarusiyam, Hizbianto (2022) Strategi diskominfo dalam memberikan pelayanan publik melalui aplikasi laporbup di Kabupaten Lombok Timur. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Hizbianto Sarusiyan 180301132_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi timbulnya keluhan masyarakat yang banyak dalam pelayanan publik yang di berikan pemerintah daerah, sehingga peneliti tertarik untuk melihat bagaimana strategi dan pengelolaan yang dilakukan Diskominfo sebagai penyedia layanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi Diskominfo dalam memberikan pelayanan publik melalui aplikasi Laporbup. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Strategi penanganan keluhan yang digunakan Diskominfo Kabupaten Lombok Timur dalam memberikan pelayanan publik yaitu memberikan kanal atau media yang mudah diakses oleh masyarakat sehingga pelayanan yang diberikan lebih mudah, efektif, tepat sasaran dalam menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat. Selain itu memberikan respon yang santun menjadi salah bentuk interaksi yang dapat memberikan kesan baik kepada pelapor. Pemerintah yang memberikan pelayanan kepada masyarakat dituntut untuk memberikan layanan yang mudah dan cepat atau tidak berbelit belit, karena masyarakat akan mendapatkan kepuasan tersendiri dengan pelayanan yang diberikan pemerintah khususnya Diskominfo Lombok Timur. Pada strategi penanganan keluhan yang dilakukan pihak Diskominfo terdapat pendekatan menyeluruh yang dilakukan dengan mensosialisasikan pada masyarakat dan pihak terkait utamanya untuk memberikan kepuasan kepada pengguna. Selanjutnya didukung dengan teknologi yang baik menjadi salah satu strategi untuk memberikan akses yang mudah kepada masyarakat seperti kanal sms dengan penggunaan nomor telpon yang mudah dihafal dan juga situs web yang mudah diakses oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pelayanan publik; diskominfo; laporbup
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100599 Communications Technologies not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 26 Apr 2023 02:21
Last Modified: 26 Apr 2023 02:21
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4171

Actions (login required)

View Item View Item