Hidayattulloh, Hidayattulloh (2022) Strategi komunikasi pemerintah desa dalam mensosialisasikan bantuan sosial di masa pandemi covid-19 di Desa Bengkel Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Hidayattulloh 180301114_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Strategi komunikasi merupakan suatu cara yang digunakan oleh instansi untuk mencapai tujuannya. Oleh karena itu, pemerintah Desa Bengkel membutuhkan strategi komunikasi yang efektif dan efisien agar program yang telah dibuat dan disosialisasikan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dalam hal ini adalah program tentang bantuan sosial Covid-19. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi, pihak-pihak yang terkait, media yang digunakan serta faktor pendukung dan penghambat pemerintah Desa Bengkel dalam mensosialisasikan bantuan sosial. Peneliti menggunakan teori komunikasi Laswell karena teori ini sangat relevan dengan permasalahan yang peneliti angkat sehingga peneliti mengetahui bagaimana pemerintah Desa Bengkel mensosialisasikan bantuan sosial sesuai dengan yang dikonsepkan oleh teori Laswell. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu wawancara serta observasi dan sekunder dengan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahapan, yaitu; Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemerintah desa dalam mensosialisasikan bantuan sosial yaitu pertama (peran komunikator/who) pemerintah desa selaku komunikator utama melibatkan pihak-pihak yang memang punya kewenangan juga dalam bantuan sosial seperti Dinas Sosial atau DPMD, kedua (pesan/says with) menjelaskan dan mengemas informasi atau pesan yang akan diampaikan dengan sebaik mungkin, ketiga (penggunaan media/in which channel) yaitu pemerintah desa memanfaatkan media untuk menyampaikan pesan baik itu media online ataupun media cetak, keempat (siapa penerima/to whom) mengetahui sasaran komunikasi dengan tujuan untuk memahami tingkat pemahaman komunikan sehingga bahasa atau cara penyampaian pesan bisa menyesuaikan, dan terakhir (dampak/with what effect) dalam kasus ini dampak yang terjadi adalah adanya perubahan mindset, sikap dan perilaku serta bertambahnya pemahaman tentang bantuan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi; pemerintah desa; sosialisasi
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 26 Apr 2023 02:13
Last Modified: 26 Apr 2023 02:13
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4169

Actions (login required)

View Item View Item