ROPIANA, RIZA (2016) Analisis butir soal ujian akhir sekolah (uas) matematika kelas XII di SMA Al-Hamzar Tembeng Putik tahun pelajaran 2015/2016. Other thesis, UIN Mataram.

[img] Text
RIZA ROPIANA 1651124021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Secara teoritis, siswa dalam satu kelas merupakan populasi atau kelompok yang keadaannya heterogen. Dengan demikian apabila kita melakukan sebuah tes, akan tampak hasilnya dalam suatu kurva normal, dimana sebagian siswa berada di daerah sedang, sebagian lagi di sebelah kanan dan sebagian lagi di sebelah kiri. Jika keadaan setelah hasil tes dianalisis tidak seperti yang diharapkan dalam kurva normal, maka tentu ada masalah dengan soalnya. Soal yang baik seharusnya terdiri dari soal yang mudah, sedang dan sulit, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesukaran butir soal berdasarkan jawaban siswa pada soal bentuk pilihan ganda sebanyak 40 butir dengan alternatif jawaban yaitu ( A, B, C, D, dan E) yang diujikan pada kelas XII di SMA Al-Hamzar Tembeng Putik Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan data dan dokumentasi siswa sebanyak 82 orang dengan menggunakan program ITEMAN. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriftif. Hasil analisis dengan mrnggunakan rumus untuk tingkat kesukaran terdapat 21, 05 % yang tergolong sangat sukar, 47,36 % tergolong sukar dan 31,57 % tergolong sedang. Untuk daya pembeda terdapat 13,15 % soal yang diterima, 23,68% item yang diterima tapi perlu direvisi, 26,31 % soal diperbaiki dan 36,84% soal yang dibuang. Sedangkan untuk daya pengecoh terdapat 18,42 % item yang diterima dan 81,57 % item yang direvisi di beberapa butir opsi pilihannya. Dari analisis terdapat daya beda soal yang tidak berfungsi dan daya pengecoh masih banyak yang perlu direvisi. Oleh karena itu perlu dilakukan kembali revisi soal secara kualitatif untu mendapatkan soal yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: analisis butir; daya beda; daya pengecoh; reliabilitas; soal ujian; uas; matematika; validitas logis dan empiris; ITEMAN
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:05
Last Modified: 30 Jul 2024 02:05
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item View Item