Rusdi Nulhakim, Lalu (2021) Dakwah virtual sebagai bentuk komodifikasi agama di era digital ( studi pada NW online ). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Lalu Rusdi Nulhakim 170301005-.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahui dakwah virtual sebagai bentuk komodifikasi agama yang dilakukan NW Online dan respon masyarakat terhadap NW Online yang memanfaatkan media internet/medsos sebagai tempat berdakwah. Untuk menjawab tujuan ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif yaitu melalui proses observasi dan dokumentasi, dengan pendekatan fenomenologi dengan disiplin ilmu komunikasi media. Data yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi dianalisis secara mendalam dan sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, sebab komodifikasi agama yang terjadi karena adanya kerjasama antara crew nw online dan para tuan guru, dosen, dan masyaikh dalam menciptakan inovasi baru yaitu membuat desain foto, audio, ataupun video seperti mendesain quotes, video pendek cermah, dan audio kata- kata inpirasi hidup sehingga layak dikonsumsi oleh pengguna media dan masyarakat sekitar tanpa mengharapkan imbalan sedikitpun. Beberapa komodifikasi yang dilakukan diantaranya adalah; 1) komodifikasi agama sebagai media dakwah dalam menyampaikan pesan-pesan dan nilai-nilai ke-Islaman, 2) komodifikasi tuan guru atau Masyaikh yang digunakan untuk menyebarkan quotes dan informasi konten dakwah/ kajian dapat menyatukan masyarakat khususnya ormas NW, 3) komodifikasi agama melalui media internet/medsos merupakan ajang eksistensi NW Online dalam melakukan dakwah masa kini. Dakwah diera digital ini sangat cocok dilakukan, mengingat arus perkembangan internet yang tidak bisa dicegah. Berangkat dari sini, NW Online memanfaatkan media internet untuk melakukan dakwahnya yaitu melihat situasi dan kondisi saat ini. Ada beberapa respon masyarakat diantaranya tuan guru/ masyaikh dan santri terhadap ini NW Online yang memanfaatkan media sebagai tempat berdakwah, diantaranya ialah; 1) pemanfaatan media internet sebagai wadah untuk melakukan dakwah secara virtual dapat dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan dakwah yang dilakukan, 2) nilai-nilai moral keagamaan lebih diutamakan saat berdakwah sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima dan dijadikan pedoman hidup, dan 3) sebagai solusi untuk umat Islam yang mengalami krisis akhlak mengingat teknologi dan informasi saat ini berkembang pesat. Dakwah harus tetap dijalankan baik secara offline maupun online karena mengedukasi, menginpirasi, dan memberi pesan religi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: dakwah Virtual; komodifikasi agama; NW Online; era Digital
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:31
Last Modified: 13 Apr 2023 02:31
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4108

Actions (login required)

View Item View Item