Haolian, Faizah (2021) Manajemen pelayanan asrama haji pada masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Asrama Haji NTB Embarkasi Lombok). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Faizah Haolian _170305039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Pandemi covid-19 membuat banyak sekali pelayanan tertunda, salah satunya pelayanan ibadah haji tahun 2020. Itu lah yang dialalmi oleh Asrama Haji NTB Embarkasi Lombok. Pelayanan di Asrama untuk sementara dialih fungsikan menjadi Rumah Sakit darurat dan hanya melayani sewa gendung, sewa kamar, layanan manasik serta pelayanan terhadap para tenaga medis.Sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui manajemen pelayanan yang dilakukan pihak terkait guna membuat Asrama Haji NTB Embarkasi Lombok tetap berjalan meskipun pelayanan keberangkatan Haji dan Umrah di hentikan sementara. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen pelayanan dan faktor penghambat manajemen pelayanan di Asrama Haji NTB Embarkasi Lombok. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dengan menggunakan: 1) Obeservasi, 2) Dokumentasi, 3) Wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) manajemen pelayanan pada masa pademi Covid-119 belum bisa mencapai pelayanan yang sempurna, namun pihak Asrama Haji telah memberikan pelayanan sesuai dengan teori manajeman yang meliputi: pertama, menentukan perencanaan yaitu menyusun struktur organisasi yang bekerja dalam kegiatan tersebut, menyusun program kerja Asrama Haji NTB Embarkasi Lombok, Kedua, proses pelayanan dilangsungkan secara trsetrukrur mulai dari pelanggan memasuki lingkungan Asrama sampai meninggalkan Asrama. Ketiga, menjalankan evaluasi yaitu untuk melihat seberapa besar hasil dan capaian. (2) Faktor penghambat pelayanan Asrama Haji NTB Embarkasi Lombok yaitu; mis komunikasi yaitu kendala berkomunikasi dengan pelanggan, pelayanan yang terbatas, penyewaan gedung yang mepet yaitu adanya 2 acara yang dilaksanakan dengan waktu yang hampir bersamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pelayanan; Pandemi Covid-19
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Manajemen Dakwah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 15 May 2023 00:34
Last Modified: 15 May 2023 00:34
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4094

Actions (login required)

View Item View Item