Astarini, Nia (2022) Pengaruh metode pembelajaran conceptual nderstanding procedures (CUPS) terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah pada pembelajaran IPA Biologi Siswa Kelas X MA Darul Muhajirin Praya. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
NIA ASTARINI_180104105.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode CUPs (Conceptual Understanding Procedures) terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah pada pembelajaran IPA Biologi kelas X MA Darul Muhajirin Praya. Penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control-Group Design. Populasi penelitian ini terdiri dari siswa kelas X IPA 1 dan IPA 2 dengan jumlah siswa 50 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Simple random sampling. Instrument penelitian ini menggunakan tes essay untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan angket untuk mengukur sikap ilmiah siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji manova dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil analisis uji manova atau uji f sampel posttest tes kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai fhitung( 000) :S ftabel (0,05). Hasil analisis sampel posttest sikap ilmiah siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai fhitung(.004) :S ftabel (0,05). Kesimpulan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran (Conceptual Understanding Procedures) terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran CUPs (Conceptual Understanding Procedures); kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:12
Last Modified: 05 Apr 2023 03:12
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4075

Actions (login required)

View Item View Item