Namanta, Sasa Dhita (2022) Strategi pemasaran PT. Muhsinin Tour dan Travel Kota Mataram dalam meningkatkan daya tarik jamaah pada Tahun 2019. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Sasa Dhita Namanta 180305064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA PT. Muhsinin Tour dan Travel Kota Mataram merupakan biro perjalanan haji dan umroh yang berusaha memberikan pelayanan terbaik dalam melaksanakan perjalanan ibadah haji dan umroh, serta mampu melancarkan pelaksanaan ibadah haji dan umroh di Indonesia khususnya di NTB ini.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk Haji dan Umrah dalam meningkatkan daya tarik jamaah pada PT. Muhsinin Tour dan Travel Kota Mataram. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dikombinasikan dengan analisis SWOT yang dilakukan dengan pendekatan yang terjun langsung ke lapangan untuk melihat kenyataan terkait objek yang akan dibahas dan diteliti. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini, adalah data primer dan data sekunder.Data primer berupa hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dari PT. Muhsinin Tour & Travel dan dokumentasi langsung dari lapangan.Sedangkan data sekunder berupa data yang diperoleh dari sumber-sumber yang tertulis yang terdapat dalam buku dan literasi terkait penelitian.Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh suatu kesimpulan bahwa starategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Muhsinin Tour & Travel kota Mataram dalam meningkatkan daya tarik jamaah, menggunakan unsur pemasaran 7p (product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process). Dari ketujuh strategi yang digunakan PT. Muhsinin Tour & Travel Kota Mataram lebih dominan menggunakan strategi promotion ( promosi). Wujud dari strategi promosi yang dilakukan yaitu bersosialisasi dengan masyarakat sekitar, pendekatan dengan tokoh agama atau Tuan Guru, pelayanan, media cetak, dan media sosial. Dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Muhsinin Tour & Travel Kota Mataram mempengaruhi peningkatan daya tarik jamaah, terutama dibidang pelayanan yang sangat berkualitas dibuktikan dengan semakin meningkatnya minat masyarakat untuk melaksnakan ibadah haji dan umroh melalui Muhsinin Tour dan Travel Kota Mataram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran; pelayanan; produk
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Manajemen Dakwah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:03
Last Modified: 04 Apr 2023 03:03
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4066

Actions (login required)

View Item View Item