Nurjanah, Nurjanah (2022) Manajemen peningkatkan kualitas kegiatan keagamaan: studi di Masjid Agung Baiturrahman Dompu, Kabupaten Dompu. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nurjanah 180305033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Manajemen masjid merupakan ilmu dan usaha yang meliputi segala tindakan dan kegiatan ummat Islam dalam menempatkan masjid sebagai tempat ibadah dan pusat kebudayaan Islam. Kegiatan-kegiatan yang ada di masjid merupakan salah satu kegiatan untuk memakmurkan masjid. Kemakmuran masjid merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang terprogram secara baik. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu : (a) manajemen peningkatkan kualitas kegiatan keagamaan di masjid Agung Baiturrahman Dompu, Kabupaten Dompu, (b) faktor penghambat manajemen peningkatkan kualitas kegiatan keagamaan di masjid Agung Baiturrahman Dompu, Kabupaten Dompu. Penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif. Sumber data penelitian yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dilanjutkan dengan teknik analisi data yang digunakan oleh peneliti yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Terakhir validasi data yang digunakan oleh peneliti yaitu triangulasi (sumber dan teknik). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen peningkatkan kualitas kegiatan keagamaan diaplikasikan berdasarkan program kerja masjid Agung Baiturrahman yang berupa kegiatan keagamaan dan kegiatan kemaslahatan sesuai dengan bidang-bidangnya yaitu Idarah, Imarah, dan Ri’ayah. Manajemen Idarah mengatur proses terlaksanakannya program kerja masjid untuk diberlakukan sebagaimana mestinya berdasarkan fungsi masjid. Sedangkan manajemen Imarah yaitu proses terlaksanakannya kegiatan-kegiatan yang memakmurkan masjid. Kemakmuran masjid dilandasi dengan beragamnya kegiatan yang dilaksanakan. Terakhir, manajemen bidang Ri’ayah yaitu mengatur dan mengelola strategi untuk menarik minat para jamaah dengan pelayanan yang mendukung akan kenyamanan para jamaah. Adapun faktor penghambat manajemen peningkatkan kualitas kegiatan keagamaan di masjid Agung Baiturrahman yaitu antusia sumber daya manusia kurang dalam bergerak mengembangkan ide-ide inovatifnya untuk membangun kemakmuran kemaslahatan masjid, kurang kerja sama dalam pembinaan TPQ, kurangnya strategi perpustakaan, dan kurangnya pendanaan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa manajemen pemakmurkan masjid telah berjalan dengan baik sesuai fungsi manajemen pada umumnya dan diimbangi dengan sistem kinerja sumber daya manusia dalam memakmurkan kualitas peningkatan kegiatan keagamaan di masjid sehingga berpengaruh pada peningkatan internal dan eksternal. Peningkatan internal ialah meningkat dalam segi kualitas (pemahaman dan pengalaman ibadah), sedangkan peningkatan eksternal ialah meningkat dalam segi kuantitas (jumlah jamaah yang semakin meningkat).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: manajemen masjid; program masyarakat; sosiologi agama
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Manajemen Dakwah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 04 Apr 2023 02:13
Last Modified: 04 Apr 2023 02:13
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4059

Actions (login required)

View Item View Item