Firdaus, Intan Rahayu (2021) Manajamen masjid dalam pelayanan kenyamanan ibadah: studi pada Masjid Agung Al-Muttaqin Cakranegara Barat Kota Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Intan Rahayu Firdaus 170305027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui bagaimana proses idarah dan imarahdalam meningkatkan kenyamanan beribadah jamaah, adapun fokus pada penelitian ini mengkaji secara lebih dalam tentang bagaimana pengelolaan manajemen yang telah diterapkan oleh masjid Agung Al-Muttaqin Cakranegara Barat kota Mataram. Metodelogi yang digunakan pada penelitian ini yakni deskriptif kualitatif dengan cara menggunakan dua sumber data penting yakni data primer yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasisedangkan data skunder diperoleh dari arsip-arsip masjid,buku dan jurnal ilmiah.Hasil pada penelitian ini memfokuskan pada idarah dan imarah.Idarah masjid mengkaji mengenai (a) planningberfungsi untuk mengetahui apa saja program yang telah di rencanakan, masjid Agungsudah memiliki program jangka pendek hingga jangga panjang yakniprogram harian,mingguan,bulanan hingga tahunan, (b) organizingpada masjid Agung masih perlu dibenahi terkait restrukturasi kepengurusan masjid, (c) actuatingditahap ini para pengurus masjid sudah perlu melaksanakan aktivitas yang telah direncanakan sebelumnya,dengan harapan setiap pengurus yang terlibat di bagiannya mampu bekerja dengan ikhlas serta memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, (d) controllingini tentu masih sangat dibutuhkan dengan cara memberikan pengawasan ataupun pengendalian untuk lebih menjamin bahwa semua kegiatan operasional berlangsung sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya. (2) Imarahterkait mengenai proses memakmurkan masjid melalui pelayanan yang telah disediakan di masjid Agung seperti menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap serta nyaman untuk jamaah, melakukan pelayanan yang baik seperti pelayanan lisan, pelayanan tulisan dan pelayanan perbuatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: manajemen masjid; idarah; imarah; pelayanan jamaah masjid
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Manajemen Dakwah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 30 Mar 2023 01:58
Last Modified: 30 Mar 2023 01:58
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4036

Actions (login required)

View Item View Item