Mahyuni, Lia (2022) Meningkatkan penguasaan kosakata siswa melalui cerpen di kelas X MA Darul Muhajirin Praya Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
LIA MAHYUNI 180107004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah penggunaan cerita pendek efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas satu di MA Darul Muhajirin Praya pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan desain yang digunakan adalah Pre-Eksperimental dengan One Group Pretest and Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X di MA Darul Muhajirin Praya yang terdiri dari kelas IPA 1 dan IPA 2 yang berjumlah 40 siswa dan sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 2 yang berjumlah 22 siswa. Teknik yang digunakan dalam teknik purposive sampling.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes isian rumpang. Temuan penelitian menunjukkan bahwa perbedaan antara siswa sebelum dan sesudah menggunakan Short Story berbeda secarasignifikan. Nilai rata-rata pre-test siswa adalah 24 menjadi 71,27 pada""post-test dengan peningkatan sebesar 70,27%. Analisis uji-t menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) = 0.000 yang lebih kecil dari a = 0.05. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada penguasaan kosakata siswa sebelum dan sesudah menggunakan Short Story. Dapat disimpulkan bahwa Hipotesis Nul (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan cerita pendek efektif dalam meningkatkan kosakata siswa kelas satu di MA Darul Muhajirin Praya pada tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penguasaan Kosakata; cerita Pendek |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL) 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 07:26 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 07:26 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4012 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |