Sari, Eva Sofia (2023) Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak berkebutuhan khusus: studi kasus di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kota Mataram. Doctoral thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Eva Sofia Sari 200701004_opt.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Luar Biasa mutlak dibutuhkan, pembelajaran yang baik harus direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi dengan baik sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan efektif dan efesien. Guru yang profesional, sarana dan prasarana yang memadai serta kurikulum yang baik harus menjadi perhatian.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep pembelajaran PAI di SLB Negeri Mataram, untuk menganalisis implementasi pembelajaran PAI di SLB Negeri Mataram, dan untuk menganalisis peluang dan tantangan pembelajaran PAI di SLB Negeri Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis studi kasus, metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, penyajian data, reduksidata dan pengambilan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan derajat kepercayaan, derajat keteralihan, derajat ketergantungan, dan derajat kepastian. Hasil penelitian ini adalah (1) materi, metode, media dan penilaian pembelajaran PAI belum dikembangkan secara khusus sesuai dengan jenis ABK,. (2) Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran belum berjalan secara efektif (3) Peluang pembelajaran PAI di SLB adalah jumlah guru PAI harus ditambahkan sesuai dengan jumlah siswa, membuka program studi pendidikan luar biasa dengan konsentrasi PAI di NTB, dan penggunaan media digital yang bisa diakses oleh siapapun dalam pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan tantangannya pembelajaran PAI adalah lemahnya percaya diri dan motivasi siswa, pesatnya perkembangan IPTEK, minimnya pemahaman dan perhatian orang tua, kurangnya guru PAI yang latar belakang pendidikan khusus, dan kurangnya jumlah guru PAI di Sekolah.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guru; metode belajar; media belajar; media digital |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Doktoral Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 01:03 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 01:03 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3996 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |