Hafiludin, Hafiludin (2022) Implementasi model pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS terpadu di Kelas VIII di SMP IT Al-Ma’arifsama Jaya Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
HAFIPUDIN 1501050726 b5 fiks.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahuai peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Two Stay -Two Stray (TS - TS ) pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP IT Al-Ma'arif Sama Jaya tahun 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan metode two stay two stray Pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII dengan materi Negara -Negara ASEAN Dari hasil penerapan yang dilakukan sebanyak 2 siklus ini terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II, peningkatan dapat kita lihat, baik dari aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII dengan menerapkan metode Two Stay Two Stray. Hasil evaluasi siklus I ke siklus II. Pada siklus I perolehan nilai tertinggi sebesar 85 dan nilai terendah 70, jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 9 orang jika dipresentase menjadi 70%. Jadi siswa belum mencapai ketuntasan klasikalnya karena masih dibawah 75%. Namun pada siklus II terjadi berbagai peningkatan yang pertama dari nilai rata-rata sebesar 85, nilai tertinggi pada siklus II sebesar 90, jumlah siswa yang tuntas pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 26 siswa, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 2 orang siswa, Selanjutnya dalam ketuntasan klasikal pada siklus II menjadi 86%. Hal ini menunjukkan penerapan metode two stay two stray dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP IT Al-Ma'arif Sama Jaya Tahun 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode Two Stay Two Stray; meninkatkan prestasi belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 02:09 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 02:09 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3989 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |