Gunawan, Gunardi (2023) Strategi Guru IPS dalam mengembangkan karakter positif pada siswa Mts Nurul Haq Karang Bejelo Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Gunardi Gunawan 180105151.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Karakter merupakan kepribadian, tabiat, watak, atau akhlak seseorang yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak. Mengingat karakter anak bangsa yang kian merosot maka dibutuhkan pendidikan karakter untuk mengembangkan karakter siswa. Untuk mewujudkan siswa yang berkarakter maka dibutuhkan strategi yang dapat mengembangkan karakter siswa agar sesuai dengan ketentuan pada Kurikulum 2013." "Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menjelaskan tentang strategi guru IPS dalam mengembangkan karakter positif pada siswa kelas VII MTs Nurul Haq Karang Bejelo, (2) menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat strategi guru IPS dalam mengembangkan karakter positif pada siswa kelas VII MTs Nurul Haq Karang Bejelo. Jenis Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan data. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi dan kecukupan referensi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: Strategi guru IPS dalam mengembangkan karakter positif pada siswa kelas VII di MTs Nurul Haq Karang Bejelo Kelurahan Gonjak Kabupaten Lombok Tengah adalah melakukan pendekatan dan memberikan bimbingan kepada siswa, memberikan teguran, menciptakan suasana kelas yang nyaman dan tenang, program kegiatan pagi, serta kegiatan ekstrakurikuler. Faktor pendukung strategi guru IPS dalam mengembangkan karakter positif pada siswa kelas VII MTs Nurul Haq Karang Bejelo Kelurahan Gonjak Kabupaten Lombok Tengah adalah adanya peran guru dan tata tertib, sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya guru yang datang terlambat, pengaruh dari teman, dan kurangnya support dari orang tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi Guru; karakter Positif; Ilmu Pengetahuan Sosial |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 01:45 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 01:45 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3988 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |