Soraya Zaenudin, Fadila (2023) Pengaruh strategi pembelajaran berbasis predict observe explain dan explore terhadap respon dan hasil belajar siswa di Kelas Viii Mts Mambaul Abror pada materi sistem pernapasan manusia. Diploma thesis, UIN Mataram.

[img] Text
FADILA SORAYA ZAENUDIN 180104096.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis Predict Observe Explain dan Explore terhadap respon dan hasil belajar siswa di kelas VIII MTs Mambaul Abror Turida. Menggunakan strategi pembelajaran Predict Observe Explain dan Explore untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam aspek memprediksi, mengobservasi, membuat dugaan sementara (hipotesis), mengeksplorasi, membuat kesimpulan, menjelaskan dan mengkomunikasikannya. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment Design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa MTs Mambaul Abror Turida. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling (sampel acak), sehingga anggota populasi yang berpastisipasi dalam sampel memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi anggota sampel. Adapun yang menjadi sampel dari penelitian ini diambil dari 2 kelas yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B. Desain penelitian menggunakan Pretest Posttest Control Group Design. Instrument penelitian ini berupa tes esai dan angket. Analisis data penelitian menggunakan uji statistic yaitu uji - T dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, adanya pengaruh strategi pembelajaran Predict Observe Explain dan Explore terhadap respon dan hasil belajar siswa, dapat dilihat dari hasil uji t yaitu diketahui nilai T hitung sebesar 2,923 dan nilai T tabel 2,023 sehingga T hitung 2,923 > T tabel 2,023, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: predict; observe; explain; explore; hasil Belajar"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 17 Mar 2023 07:38
Last Modified: 17 Mar 2023 07:38
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3983

Actions (login required)

View Item View Item