Nazmi, Khairun (2023) Pengaruh learning trajectory terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi konsep himpunan kelas VII di Mts Ishlahul Muslimin Senteluk. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Khairun Nazmi 170103071.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Learning Trajectory Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Konsep Himpunan Kelas VII di MTs Ishlahul Muslimin Senteluk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen Nonequivalent Control Group Design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Ishlahul Muslimin Senteluk, dan sampel pada penelitian ini adalah kelas VII.A sebagai kelas kontrol dan kelas VII.B sebagai kelas eksperimen. Tehnik analisis data pada penelitian ini dalam Uji Keseimbangan menggunakan Uji Liliefors untuk menguji normalitas data dan Uji Bartlet untuk menguji homogenitas data, sedangkan Uji Hipotesis menggunakan Uji menggunakan Uji T-Test dua sampel independen. Dan instrumen yang digunakan adalah nilai ulangan siswa sebagai pengganti nilai pre-test, soal post-test dan lembar observasi Learning Trajectory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Learning Trajectory Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Konsep Himpunan Kelas VII di MTs Ishlahul Muslimin Senteluk. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis nilai thitung sebesar 2,802 dan ttabel sebesar 1,671. Jika thitung > ttabel maka HO ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa pada materi Konsep Himpunan siswa kelas VII di MTs Ishlahul Muslimin Senteluk yang mengikuti pembelajaran dengan Learning Trajectory memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Konsep Himpunan siswa kelas VII di MTs Ishlahul Muslimin Senteluk yang mengikuti pembelajaran dengan tidak menerapkan Learning Trajectory.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | learning Trajectory; hasil Belajar; materi Kosep Himpunan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 14 Mar 2023 02:18 |
Last Modified: | 14 Mar 2023 02:18 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3948 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |