Al RasYid, Harun (2023) Penerapan metode resitasi dalam mengefektifkan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mts. Miftahul Ishlah Tembelok Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
HARUN AL RASYID 160101048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Kegiataan belajar mengajar merupakan kegiatan yang sangat penting dari proses pendidikan. Didalam proses belajar mengajar itu terjadi interaksi antara guru dan siswa. Guru merupakan pelaksaan pendidikan yang memiliki peranan penting dalam pencapaian keberhasilan pendidikan. Demikian juga guru memiliki upaya yang sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Dan tugas utama guru adalah membimbing dan membantu keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar. Untuk menanggulangi hal itu telah banyak konsep metode pembelajaran aktif yang ditawarkan. Metode pembelajaran aktif nampaknya merupakan salah satu jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu atau kualitas pembelajaran. Salah satunya adalah dengan menerapkan metode resitasi pada pembelajaran ini, diharapkan hasil belajar siswa terus meningkat, sebab pada metode ini keaktifan peserta didik lebih diutamakan. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisa dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang akan dipergunakan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru SKI dan lain- lainnya. yang dapat dijadikan sebagai sumber data untuk mendukung kelengkapan penelitian ini. Untuk menginventarisasikan data penelitian digunakan metode" "wanwancara, dokumentasi dan metode observasi. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis kualitatif dengan maksud membuat deskripsi dan analisis tentang penerapan metode resitasi dalam mengefektifkan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran SKI di Mts Miftahul Ishlah Tembelok Kota Mataram 2022. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode resitasi dalam pembelajaran Ski di Mts Miftahul Ishlah Tembelok sudah berjalan dengan cukup baik, hal ini dibuktikan dengan adanya kesiapan dari guru pengajar dan tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, adanya komunikasi antara guru dan siswa dalam bentuk bimbingan dan pengawasan selama proses pembelajaran. Namun pada praktiknya, penerapan metode resitasi memiliki hambatan yang terjadi saat pelaksaan pembelajaran dikelas. Adapun hambatan yang penelitian temukan diantaranya heterogenitas pendidikan dan keluarga peserta didik. Selain heterogenitas peserta didik hambatan lain adalah kompetensi guru, dan terbatasnya sarana pembelajaran. Kekurangan-kekurangan tersebut disadari oleh pihak pengelola karenanya untuk meminimalisir kekurangan tersebut madrasah selalu berusaha untuk menambah buku-buku bacaan diperpustakaan sekaligus menyediakan buku ajar sebagai tambahan refrensi belajar bagi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode Resitasi; efektifitas belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:22
Last Modified: 14 Mar 2023 01:22
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3945

Actions (login required)

View Item View Item