Masrurah, Hanik (2022) Kreativitas Guru Al-Qur’an Hadis Dalam Enerapkan Program Pembiasaan Mengaji Sebelum Masuk Kelas (Stidi Kasus di MA Darul Hikmah Darek). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Hanik masrurah180101006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (921kB)

Abstract

INDONESIA Kreativitas guru sangat penting dalam kegiatan pembelajaran karena akan membantu siswa untuk meningkatkan semangat belajarnnya. Selain itu di skolah MA DH mengadakan bimbingan pribadi untuk anak-anak yang kurang bisa atau belum lancar dalam membaca Al-Qur’an. Melihat latar belakang yang telah dipaparkan di atas, maka peneliti tertarik melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana upaya guru Dalam mendidik siswa siswi nya dengan benar dan gampang di patuhi muridnya maka peneliti menuangkan karya ilmiah nya dengan judul “Kreatifitas Guru Al-qur’an Hadis dalam Menerapkan Program Pembiasaan Mengaji Sebelum Masuk Kelas di MA Darul Hikmah Darek” (Studi kasus di skolah MA Darul Hikmah Darek) Jenis penelitin ini adalah penelitian kualitatif.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk mencari data factor Pendukung dan Penghambat" "Pembiasaan Membaca Al-Qur’an dan bagaimana cara pembiasaan membaca al-qur’an di sekolah MA Darul Hikmah Darek. Metode dokumentasi digunakan untuk mencari data tentang sejarah sekolah, letak geografisnya, data banyak siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru al- qur’an hadis dapat dilihat rasa ingin tahu yang besar, terbuka dan menerima hal yang baru, panjang akal dan termotivasi dalam menemukan hal baru. Hal ini dapat dilakukan dnegan menggunakan media pembelajaran dan ditunjukkan melalui pemilihan media yang dapat dan menguasainya berbagai macam media seperti media audio visual. Hasil yang dicapai dalam menggunakan media itu yaakni sabagiaan siswa sudah menunjukkan keaktifannya selama mengikuti proses pembelajaran al-qur’an Hadis dalam membaca hadis maupun lantunan ayat al-qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kreatifitas Guru Al-qur’an; Hadis; pembiasaan Mengaji ; masuk Kelas
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:03
Last Modified: 14 Mar 2023 01:03
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3944

Actions (login required)

View Item View Item