Prayadi, Lalu Hardiwan (2016) Hubungan gaya mengajar interaksional guru matematika dengan hasil belajar pada siswa kelas VIII MTs. Mambaul Abror Turida Barat tahun ajaran 2015/2016. Other thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Lalu Hardiwan Prayadi 151114059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya Hubungan Gaya Mengajar Interaksional Guru Matematika Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VIII MTs. Mambaul Abror Turida Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasi, dilakukan pada Siswa Kelas VIII MTs. Mambaul Abror Turida Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Sumber data yang digunakan adalah Guru matematika kelas VIII yaitu 1 orang dan siswa kelas VIII sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, dokumen, dan observasi. Teknik analisis data mulai tahap pengumpulan data, penggolongan data, penyajian data, dan Uji hipotesis. Uji keabsahan data meliputi uji normalitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada Hubungan Gaya Mengajar Interaksional Guru Matematika Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VIII MTs. Mambaul Abror Turida Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang dilakukan, sehingga didapat nilai r hitung sebesar 0,5546 sedangkan nilai r tabel sebesar 0,396. Dengan demikian r hitung > r tabel pada taraf signifikansi 5% dan taraf kepercayaan 95%, sehingga Ho ditolak. Besarnya sumbangan Gaya bengajar Interaksional Guru dengan Hasil belajar adalah = 2 (0,5546) x 100 % = 0,3075. Hal ini berarti bahwa gaya mengajar interaksional guru memberikan kontribusi sebesar 30,75 % terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di MTs Mambaul Abror Turida Barat tahun pelajaran 2015-2016. Sedangkan dalam Interpretasi Koefisien Korelasi masuk dalam katagori Sedang karena di dapatkan r hitung sebesar 0,5546. Untuk uji signifikansi variabel X dan variabel Y didapatkan hasil t hitung yaitu thitung = 3,1961 dan ttabel = 2,069. Karena thitung (3,1961) > ttabel (2,069), maka Ho ditolak. Dengan demikian Terdapat Hubungan Gaya Mengajar Interaksional Guru dengan Hasil belajar Pada Siswa Kelas VIII MTs. Mambaul Abror Turida Barat Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: gaya mengajar; interaksional; hasil belajar; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:54
Last Modified: 30 Jul 2024 01:54
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/393

Actions (login required)

View Item View Item