Rafikatul, Aini (2019) Penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran Biologi Kelas VIII/B MTs Lengkok Lendang Pada Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Rafiqatul Aini 151145050.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Penerapan pembelajaran berbasis masalah adalah sebuah model pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik akan bekerja dalam sebuah tim untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan dunia nyata. Model pembelajaran ini bertujuan merangsang peserta didik untuk belajar melalui berbagai permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran biologi kelas VIII/B Di MTs Lengkok Lendanng Pada Tahun Pelajaran 2018/2019. Adapun pedekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti pada penelitian ini adalah pendekatan penlitian tidakan kelas. Dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapat informasi-informasi yang berbeda dan sesuatu yang berkaitan dengan penelitian ini. Instrument yang digunakan dalam metode penelitian ini menggunakan tes kemampuan berfikir kritis siswa, observasi keterlaksanaan RPP, Observasi aktivitas siswa dan dokimentasi proses pembelajaran serta profil sekolah tempat penelitian. Hasil penelitian ini menujukan bahwa ada"peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu pada siklus I niali rata-rata hasil belajar siswa mencapau 42,53 pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 55,00. Selain hasil kemampuan berfikir kritis siswa keterlaksaan RPP dan aktivitas belajar siswa juga ikut mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu pada siklus I prsentase keterlaksaan RPP mencapai 78,57% dengan kategori sangat baik dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 100% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berfikir siswa pada mata pelajaran biologi di kelas VIII/B Di MTs Lengkok Lendang Pada Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berfikir Kritis Siswa; pembelajaran Berbasis Masalah; pelajaran Biologi" |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 01:58 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 02:01 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3927 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |