Suyatni, Liza (2022) Pengaruh penerapan metode demonstrasi berbantuan media pop-up book terhadap retensi dan hasil belajar kognitif siswa. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Liza Suyatni 180109013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode demonstrasi berbantuan media pop-up book terhadap retensi dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Praya Tengah pada bulan Februari-Maret 2022. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian pretest-postest control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Adapun sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA yang terdiri dari kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa dan X IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur retensi dan hasil belajar kognitif siswa berupa tes objektif sebanyak 20 soal dan angket interferensi kognitif. Analisis data retensi menggunakan uji Independent sample t-test sedangkan hasil belajar kognitif siswa menggunakan rumus Mann Whitney, karena data hasil belajar kognitif yang diperoleh tidak terdistribusi normal. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada retensi dan hasil belajar kognitif siswa, dimana retensi dan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dari hasil tersebut, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode demonstrasi berbantuan media pop-up book terhadap retensi dan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: demonstrasi; hasil Belajar kognitif; Pop-up book; Retensi kognitif"
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Fisika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 09 Mar 2023 04:15
Last Modified: 09 Mar 2023 04:15
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3915

Actions (login required)

View Item View Item